Pasien Covid-19 Meningkat, RSSA Malang Bantah Ketersediaan Ruang Perawatan Menipis

Avirista Midaada · Sabtu, 19 November 2022 - 12:38:00 WIB
Pasien Covid-19 Meningkat, RSSA Malang Bantah Ketersediaan Ruang Perawatan Menipis
RSSA Malang membantah ketersediaan ruang perawatan menipis seiring meningkatnya jumlah pasien Covid-19 yang dirawat. (Foto: Avirista Midaada)

MALANG, iNews.id - Pihak Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) mengakui jumlah pasien terjangkit Covid-19 yang dirawat meningkat. Tren itu dilihat berdasarkan jumlah okupansi bed pasien Covid-19 yang bertambah beberapa hari terakhir.

Meski demikian, Kasubbag Humas RSSA, Donny Iryan membantah peningkatan pasien itu mengakibatkan ketersediaan ruang perawatan menipis. Dia juga memastikan seluruh pasien yang dirawat telah ditangani dengan maksimal.

"Memang benar ada peningkatan, tetapi tidak sampai penuh dan stagnan. Semua masih bisa dirawat," ucap Donny, saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (19/11/2022).

Donny menjelaskan, berdasarkan data monitoring status rumah sakit rujukan Covid-19 Malang Raya yang dimuat oleh ruvid.ub.ac.id per 19 November 2022, tingkat keterisian ruang perawatan di RSSA tidak sampai 100 persen.

Dia memerinci, ruang isolasi tekanan negatif Covid-19 dengan ventilator hanya terisi tiga pasien dari total tujuh bed. Kemudian ruang isolasi tekanan negatif tanpa ventilator terisi 15 pasien dari total 21 bed.

Lalu untuk ruang isolasi natural flow tanpa ventilator tersedia 37 bed tanpa satu pun terisi pasien. Begitu pula IGD Covid-19 tersedia 20 bed tanpa terisi pasien.

"Semuanya masih dalam proses pengaturan. Insyaallah tanggal 25 nanti kita sudah bisa nambah dua kali lipat dari kapasitas saat ini," katanya.

Kendati demikian, dia mengakui status keterisian ruangan khusus pasien Covid-19 fluktuatif atau bisa naik dan turun. Sebab ada beberapa pasien yang memang keluar masuk ruang perawatan.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: