Pangdam Jaya Usul Pembubaran FPI, GP Ansor: Proporsional Jangan Digencet Habis

Ihya Ulumuddin ยท Sabtu, 21 November 2020 - 07:00:00 WIB
Pangdam Jaya Usul Pembubaran FPI, GP Ansor: Proporsional Jangan Digencet Habis
Massa Front Pembela Islam (FPI) membuat barikade pagar manusia sepanjang sekitar 500 meter dari Terminal3 Bandara Soekarno-Hatta sampai ke area parkir. (Foto : SINDOnews/Hasan Kurniawan)

SURABAYA, iNews.id – Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Timur (Jatim) meminta pemerintah bersikap proporsional dalam menghadapi fenomena Front Pembela Islam (FPI). Tindakan tegas tetap harus dilakukan, bila memang FPI melanggar hukum, begitu juga sebaliknya.

“Pemerintah harus mengambil tindakan sebatas pelanggaran hukumnya. Tidak lebih dari itu. Harus proporsinal. Jangan digencet habis yang justru akan memunculkan permusuhan tak berujung,” kata Ketua PW GP Ansor Jatim, Syafiq Syauqi, Sabtu (21/11/2020).

Syafik mengatakan, umat Islam memang tidak satu pandangan dalam menyikapi pemerintahan. Tetapi mayoritas, termasuk NU dan Muhammadiyah punya pedoman sama, bahwa pemerintahan yang sah tidak diganggu, dijegal di tengah jalan.

“Jadi, kalau FPI berpandangan lain, itu bukan pendapat islam mayoritas. Kalau melanggar hukum, pemerintah harus mengambil tindakan. Kita dukung. Tapi, jangan sampai mendiskreditkan umat Islam,” ujar pria yang akrab disapa Gus Syafik ini.


Editor : Ihya Ulumuddin