Padi Siap Panen di Madiun Diserang Wereng, Petani Merugi

Antara ยท Jumat, 28 Februari 2020 - 10:27 WIB
Padi Siap Panen di Madiun Diserang Wereng, Petani Merugi
Petani tengah memanen padi. (Foto: Antara)

MADIUN, iNews.id - Tanaman padi siap panen di Madiun, Jawa Timur (Jatim) diserang hama wereng coklat sejak sepekan terakhir. Petani terancam merugi karena banyak tanaman mati dan bulir padi kosong.

Serangan hama wereng ini melanda lahan pertanian di Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun. Curah hujan yang tinggi menyebabkan serangan hama wereng makin ganas.

Salah satu petani, Istamar mengatakan, tanaman padinya sebenarnya sudah siap panen sebulan lagi, namun kini sebagian sudah terserang hama. "Tanaman padi siap panen yang terserang wereng akan kering dan mati. Bulir padi juga banyak yang kosong," katanya, Kamis (27/2/2020).

Berbagai upaya pembasmian terus dilakukan oleh petani. Mereka menyemprot pestisida serta membakar belerang. Sayangnya, hama wereng tidak juga hilang.

Sementara Kepala Desa Klorogan, Juprianto mengatakan, dari puluhan hektare sawah di desanya, dua hektare lebih terserang hama wereng.

"Kami sudah melaporkan keadaan ini ke Dinas Pertanian. Kami minta dinas terkait turun ke lapangan untuk membantu mengatasi persoalan ini," kata Juprianto.

Pemerintah Desa berharap Dinas Pertanian Kabupaten Madiun ikut melakukan pengawasan dan pengendalian hama agar petani tidak terancam gagal panen.


Editor : Umaya Khusniah