Padamkan Api, Petugas Damkar Gresik Terperosok ke Sumur

Agus Ismanto ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 08:54:00 WIB
Padamkan Api, Petugas Damkar Gresik Terperosok ke Sumur
Tangkapan layar petugas damkar Gresik terperosok ke sumur

GRESIK, iNews.id - Seorang petugas pemadam kebakaran (damkar) Gresik, Jawa Timur (Jatim) terperosok ke sumur saat memadamkan api yang membakar semak belukar di kawasan Perumahan Gresik Bunder Asri, Senin (12/10/2020). Gelapnya lokasi kebakaran menyebabkan petugas itu jatuh ke sumur sedalam 3 meter.

Dari video amatir yang diterima iNews, petugas itu sudah berada di dalam sumur sedalam 3 meter di Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas. Sumur itu posisinya sejajar dengan lahan yang terbakar di lokasi tersebut.

Kondisi sumur juga tampak tak dipenuhi air, sehingga petugas damkar itu masih terlihat dari atas. Rekan korban yang mengetahui teriakan korban langsung berupaya mengevakuasi.

Saksi mata Zamroni mengatakan, sumur tersebut sudah lama tidak berfungsi. Dulunya digunakan petani untuk sumber irigasi di daerah sekitar.

"Ini kan gelap, petugas pemadam kebakaran itu keliling enggak tahunya ini di sini ada sumur. Damkar itu tercebur ke sumur ini," ucap Zamroni, Selasa (13/10/2020).

Zamroni menuturkan, warga tidak ada yang mengetahui keberadaan sumur tersebut. Terlebih, sumur juga tidak dilengkapi dinding di bagian atasnya. Beruntung petugas damkar tersebut tidak mengalami cidera apapun.

"Saya tanya kepalanya luka enggak, kebentur enggak. Katanya enggak alhamdulillah selamat," ucap Zamroni.

Sebelumnya, peristiwa kebakaran semak belukar itu terjadi sekitar Senin (12/10/2020) pukul 17.30. Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran karena api tiba-tiba membesar dan langsung menghanguskan kawasan semak belukar di sekitar kawasan pemukiman warga.

Api berhasil dipadamkan setelah dua unit kendaraan damkar Pemkab Gresik diterjunkan selama hampir 30 menit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut tetapi sempat membuat wrga panik.


Editor : Nani Suherni