Modin di Jember Diberi Pemaparan Perawatan Jenazah Korban Covid-19

Bambang Sugiarto ยท Senin, 20 April 2020 - 15:39:00 WIB
Modin di Jember Diberi Pemaparan Perawatan Jenazah Korban Covid-19
Pemaparan yang disampaikan Petugas Kesehatan Kecamatan Umbulsari, dr Megawati terkait perawatan jenazah korban corona. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Sekitar 20 modin (ketua kerukunan seluruh desa) dari 10 desa di Jember, Jawa Timur (Jatim) diundang ke Gedung Pertemuan Kecamatan Umbulsari untuk mengikuti pemaparan terkait proses memandikan jenazah korban Covid-19. Acara ini digelar lantaran belakangan banyak masyarakat enggan mengurus jenazah Covid-19 karena takut tertular.

Acara yang juga dihadiri muspika dan tim kesehatan ini berisi pemaparan dari dokter, camat, polisi dan Danramil Kecamatan Umbulsari terkait wabah Covid-19. Para modin tampak serius mengikuti semua penjelasan yang disampaikan.

Petugas Kesehatan Kecamatan Umbulsari, dokter Megawati mengatakan acara in bertujuan agar masyarakat paham jika jenazah positif corona artinya sudah putus dengan virus. Modin-modin ini diharapkan dapat penyebarkan informasi kepada warga bahwa jenazah korban Covid-19 tidak boleh ditolak dan harus diperlakukan sewajarnya hingga dimakamkan dengang layak.

“Sosialisasi ini terkait perawatan jenazah corona, namun harus tetap memperhatikan aspek keselamatan dengan menerapkan standar yang benar,” katanya.

Selain berisi penjelasan, dalam acara ini, para modin yang semuanya berasal dari Kecamatan Umbulsari juga diajarkan teknik dan cara agar aman saat memandikan jenazah orang yang terpapar Covid-19. Selain mengenakan APD, warga juga diharap mengetahui dan menerapkan SOP yang berlaku.

“Dengan memberi paparan ini diharapkan para modin mengerti dan tidak takut lagi saat memandikan jenazah orang terpapar Covid-19,” katanya.

Sementara salah satu modin, Efendi mengaku senang dengan adanya pemaparan ini. Dia pun mengakui, sejauh ini yang terjadi di tengah masyarakat yakni ketakutan akan tertular corona meski penderita telah meninggal dunia.

“Saya setuju, ini tanggung jawab kita semua untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” katanya.

Editor : Umaya Khusniah