Mengenal Keragaman Tarian Adat dari Malang Jawa Timur

Aimina Zalfa Salsabila ยท Kamis, 25 November 2021 - 13:45:00 WIB
Mengenal Keragaman Tarian Adat dari Malang Jawa Timur
Tarian adat dari Malang Jawa Timur. (Foto: Instagram).

MALANG, iNews.id - Tarian adat dari Malang Jawa Timur memiliki keunikan tersendiri. Apalagi masih banyak orang yang belum mengenal jenis-jenisnya.

Tarian adat dari Malang Jawa Timur ini memiliki filosofi dan arti yang mendalam. Selain itu pencetus tarian ini merupakan para petinggi di masa kerajaan dulu.

Ingin tahu apa saja keragaman tarian adat dari Malang, Jawa Timur? Berikut 5 tarian adat dari Malang yang sudah dirangkum oleh iNews.id:

1. Tari Topeng Malangan

Tari Topeng Malangan merupakan salah satu tari tradisional asal Malang yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu menggunakan topeng. Para penari diwajibkan untuk menjiwai karakter topeng.

Tarian topeng Malangan. (Foto: Instagram).
Tarian topeng Malangan. (Foto: Instagram).

Tari Topeng Malangan pertama kali dicetuskan oleh Airlangga, putra Darmawangsa Beguh dari Kerajaan Kediri. Tari tradisional ini semakin dikenal dan berkembang di Kerajaan Singosari yang dipimpin oleh Ken Arok.

Dilansir dari Pusat Data Nasional Kekayaan Intelektual Komunal Indonesia, Tari Topeng Malangan mengadopsi kisah Panji. Tari Topeng memiliki makna kehidupan manusia yang terkadang sedih, bahagia, marah, dan lainnya. 

Makna lain yang diambil dari corak topeng adalah merah melambangkan hawa nafsu, hijau melambangkan kehidupan, dan putih melambangkan kesucian.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: