Masyarakat di Jombang Terima Bantuan Telur Berbelatung

Mukhtar Bagus ยท Senin, 26 November 2018 - 15:31 WIB
Masyarakat di Jombang Terima Bantuan Telur Berbelatung
Warga penerima BPNT menyortir telur-telur yang busuk. (Foto: iNews.id/Mukhtar Bagus).

JOMBANG, iNews.id - Bantuan pangan nontunai (BPNT) pemerintah yang diterima masyarakat di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) ternyata sudah tak layak konsumsi. Paket telur satu kilogram bukan cuma sudah busuk, tapi juga berbelatung.

Warga penerima program BNPT, Nur Tafiyah, membenarkan bahwa kondisi telurnya tadi sudah busuk, bahkan ada belatungnya. Dia pun langsung meminta pihak pengelola bantuan untuk mengganti telur yang diterimanya.

“Minta ganti tadi, karena sudah busuk dan pecah-pecah,” kata Nur usai menerima bantuan tersebut di Balai Desa Morosunggingan, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jatim, Senin (26/11/2018).

Pantauan iNews, begitu mengetahui ada yang menerima telur busuk, warga lain pun langsung mengecek kondisi telur yang mereka terima. Setelah dilihat kembali, tak sedikit dari telur mereka sudah dalam kondisi tak layak konsumsi.

Warga mendesak pemerintah, lewat Dinas Sosial Kabupaten Jombang untuk lebih serius dalam menyalurkan BPNT ke warga miskin. Mereka mengaku kecewa dengan bahan-bahan konsumsi tak layak seperti ini.

Kepala Seksi Pemerintahan di Desa Morosunggingan, Suyanto mengatakan, dirinya bersama pihak pengelola sebelumnya tak pernah mengotak-atik bantuan pemerintah itu. Bagaimana kondisi telurnya baru diketahui saat dibagikan ke masyarakat.

“Enggak berani kita buka-buka, ya ternyata kondisinya seperti itu,” kata Suyanto.

Menurut dia, warga bisa menukar telur yang mereka terima bila sudah tak layak konsumsi. Pihak pengelola bantuan tentu siap memberikan jatah ganti yang lebih baik.

“Tentu sudah layak, karena sudah bau seperti itu,” ujar dia.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal