Longsor di Tulungagung, Ketua DPD RI Minta Akses Warga Diprioritaskan

Tim iNews.id ยท Minggu, 20 Juni 2021 - 17:53:00 WIB
Longsor di Tulungagung, Ketua DPD RI Minta Akses Warga Diprioritaskan
Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti (iNews)

JAKARTA, iNews.id - Bencana tanah longsor di Tulungagung, Jawa Timur, mendapat perhatian Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Dia meminta pemerintah daerah memprioritaskan pembukaan akses jalan untuk warga.

"Saya menyatakan keprihatinan terhadap bencana longsor yang menimpa sejumlah wilayah di Tulungagung. Apalagi bencana ini menyebabkan sebanyak 270 KK di Desa Nglurup, Kecamatan Sendang, terisolasi akibat akses jalan terputus. Desa tersebut paling terdampak longsor," kata La Nyalla, Minggu (20/6/2021).

La Nyalla meminta pemda beserta jajaran terkait segera melakukan langkah penanganan untuk membantu warga yang terdampak. 

"Bencana yang berada di kaki lereng Gunung Wilis ini perlu segera ditangani dan bantuan cepat diberikan, khususnya kebutuhan pokok seperti makanan dan pakaian kepada warga yang terisolir akibat tidak ada akses jalan, ditambah terputusnya jaringan listrik," kata Senator asal Jawa Timur itu.

La Nyalla menambahkan, pembukaan akses jalan harus dilakukan sesegera mungkin. Apalagi beberapa jalan yang tertimbun merupakan akses untuk industri susu.

"Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulungagung sudah menurunkan satu alat berat untuk membuka akses jalan. Sebaiknya ditambah, kerja sama dengan instansi lain, agar jalan yang tertimbun tanah longsor bisa segera dibuka," katanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2