Lantik Pengurus LPTQ, Eri Cahyadi Ingin Kembalikan Surabaya sebagai Kota Santri

Aan Haryono · Senin, 25 April 2022 - 21:51:00 WIB
Lantik Pengurus LPTQ, Eri Cahyadi Ingin Kembalikan Surabaya sebagai Kota Santri
Wali Kota Surabaya saat pelantikan pengurus LPTQ Surabaya, Senin (25/4/2022). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ingin mengembalikan Kota Surabaya sebagai kota santri. Keinginan itu disampaikan Eri saat melantik pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Surabaya periode 2021-2025 di Balai Kota Surabaya, Senin (25/4/2022). 

Eri mengatakan dengan adanya LPTQ ini, maka tilawatil Qur’an di Kota Surabaya bisa semakin menggema. Bahkan, dia juga ingin menunjukkan bahwa sebenarnya Surabaya yakni kota santri. Sebab, di kota inilah NU berdiri dan di kota ini pula resolusi jihad digemakan, sehingga bisa melawan para penjajah kala itu.

Karena itu dia ingin betul membangun Kota Surabaya ini dengan paham ahlussunnah wal jamaah, dengan toleransi yang sangat tinggi, dan dengan semua golongan agama. "Jadi, saya ingin mengembalikan marwahnya Surabaya sebagai Kota Santri, salah satunya dengan menjalankan ahlussunnah wal jamaah," tuturnya. 

Menurut Eri, dengan menjalankan ahlussunnah wal jamaah dan toleransi yang sangat tinggi, maka akan saling menghormati semua agama yang ada di Kota Surabaya. Bahkan, ia menegaskan bahwa ingin memimpin Kota Surabaya ini dengan aqidah agama masing-masing warga.

Eri menuturkan, LPTQ itu pernah dilantik pada tahun 2010, dan tilawatil Qur’an ini berhubungan dengan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Namun, beberapa tahun terakhir ini LPTQ ini tidak aktif, sehingga ketika ada MTQ, Surabaya hanya mengirimkan apa adanya.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: