KPK Periksa para Pejabat Pemkab Probolinggo terkait Kasus TPPU Bupati Puput Tantriana

Ariedwi Satrio · Selasa, 12 Oktober 2021 - 16:00:00 WIB
KPK Periksa para Pejabat Pemkab Probolinggo terkait Kasus TPPU Bupati Puput Tantriana
Bupati nonaktif Probolinggo, Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin (HA). (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa sejumlah pejabat Pemkab Probolinggo untuk menelisik aset-aset milik Bupati nonaktif Probolinggo, Puput Tantriana Sari dan suaminya Hasan Aminuddin (HA) yang diduga dari hasil korupsi. Diketahui, pasangan suami istri tersebut sudah dijerat sebagai tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Sejumlah pejabat yang diperiksa sebagai saksi terkait aset Puput dan Hasan yakni, Kepala Dinas PUPR Probolinggo Hengki Cahjo Saputra, Kepala Dinas Perhubungan Probolinggo Taupik Alami, Kepala Bidang Mutasi BKD Probolinggo Taufiqi, Kepala Bakesbangpol Ugas Irwanto dan Subbag Keuangan pada Dinas PUPR Probolinggo Widya Yudyaningsih.

Kemudian, Kasi Evaluasi dan Pelaporan Bidang Jasa Konstruksi dan Peralatan Dinas PUPR Probolinggo, Cahyo Rahmad Dany, Fungsional Pertama pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Probolinggo, Nuzul Hudan; seorang PNS, Winda Permata Erianti; serta tiga Notaris, Poedji Widajani, I Nyoman Agus Pradnyana dan Fenny Herawati.

"Pemeriksaan saksi-saksi dugaan gratifikasi dan TPPU untuk tersangka PTS dkk dilakukan di Polres Probolinggo Kota," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri melalui pesan singkatnya, Selasa (12/10/2021).

Diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari (PTS) dan suaminya, Hasan Aminuddin (HA) yang merupakan anggota DPR sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait jual beli jabatan kepala desa di Probolinggo.

KPK juga menetapkan 20 orang lainnya yang mayoritas para calon kepala desa sebagai tersangka. Adapun 20 orang tersangka lainnya itu yakni, Sumarto, Ali Wafa, Mawardi, Mashudi, Maliha, Mohammad Bambang, Masruhen.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: