Keluarga Tahanan Polda Jatim Gunakan Video Call Sebagai Pengganti Jam Besuk

Hari Tambayong ยท Jumat, 20 Maret 2020 - 14:49 WIB
Keluarga Tahanan Polda Jatim Gunakan Video Call Sebagai Pengganti Jam Besuk
Aplikasi Simatahati yang digunakan Polda Jatim untuk pengunjung yang membesuk tahanan. (Foto: iNews/Hari Tambayong)

SURABAYA, iNews.id – Masyarakat yang ingin membesuk tahanan di Polda Jawa Timur (Jatim) kini menggunakan fasilitas video call. Langkah ini diambil untuk menekan penyebaran virus korona dalam tahanan.

Layanan video call yang disediakan ini menggunakan aplikasi khusus bernama Simatahati yang dibuat oleh Direktorat Tahti Polda Jatim. Simatahati memiliki kepanjangan Sistem Manajemen Tahanan dan Barang Bukti

Aplikasi hanya bisa diakses oleh petugas jaga sel tahanan dengan keluarga napi. Dalam pengoperasianya, setiap keluarga dari penghuni tahanan wajib mengambil nomor barcode aplikasi Simatahati ke Polda Jatim di setiap jam besuk.

Selanjutnya, petugas dari Diretorat Tahti yang akan menghubungi keluarga untuk berkomunikasi secara video call dengan penghuni sel tahanan. Setiap komunikasi video call memiliki durasi 10 menit.

Menurut Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Simatahati merupakan sistem jam kunjungan yang diganti aplikasi vicall antara tahanan dan keluarga.

“Ini bentuk pemenuhan hak tahanan terkait jam besuk, ditengah masalah kasus virus korona,” katanya, Jumat (20/3/2020).

Dia menambahkan sistem jam besuk menggunakan video call ini hanya berlaku sementara, hingga situasi penyebaran virus korona sudah mereda dan dinyatakan aman. Setelah itu, akan kembali seperti semula.


Editor : Umaya Khusniah