Kecelakaan Gus Hilman di Tol Pandaan, Keluarga: Beliau Baru Pulang Antar Anak Mondok di Jepara

Deni Irwansyah ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 20:30 WIB
Kecelakaan Gus Hilman di Tol Pandaan, Keluarga: Beliau Baru Pulang Antar Anak Mondok di Jepara
siswa Al Hikam Malang atas meninggalnya Gus Hilman Wajdi. (Foto: iNews/Deni Irwansyah)

MALANG, iNews.id – Kecelakaan maut yang mengakibatkan putra mantan Ketum PBNU KH Hasyim Muzadi, Gus Hilman Wajdi meninggal dunia di Jalan Tol Pandaan-Malang Kilometer 62, Desa/Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Rabu (18/12/2019) menyisakan duka mendalam bagi keluarga.

Terlebih, peristiwa nahas itu terjadi saat Gus Hilman baru pulang setelah mengantarkan putrinya ke Pondok Tahfizul Quran di Jepara, Jateng.

“Saya ditelepon pihak tol sekitar jam 3 an pagi. Informasinya, kakak saya ini (Gus Hilman Wajdi) barusan pulang dari Jepara mengantar anaknya mondok ke Tahfizul Quran di Jepara,” kata adik ipar Gus Hilman, Edy Hidayat.

Dia mengaku belum mengetahui pasti penyebab kecelakaan tersebut karena masih dalam penyelidikan polisi. “Kalau kronologisnya kami masih menunggu dari kepolisian. Yang jelas, kejadiannya Rabu dini hari,” katanya disela-sela pemakaman.

Sementara itu, ribuan pelayat berebut menggotong keranda jenazah Gus Hilman Wajdi ke tempat peristirahatan terakhirnya di makam kompleks Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, Kota Malang, Rabu (18/12/2019) sore.

Proses pemakaman sempat tertunda karena menunggu kedatangan putrinya yang baru saja diantar almarhum ke pondok pesantren di Jepara.

Pantauan di lokasi, ribuan pelayat tampak terus berdatangan sejak Rabu pagi ke rumah duka setelah kabar duka tersebar dari Ponpes Mahasiswa Al Hikam, Kota Malang. Para pentakziah juga terus membaca tahlil dan selawat.

Diketahui, kecelakaan maut di Tol Pandaan-Malang, Jawa Timur (Jatim), yang menyebabkan putra  diduga akibat pengemudi yang kelelahan. Moch Izza Arroziq (23), pengemudi Toyota Innova N 1261 DX yang ditumpangi Gus Hilman mengantuk, sehingga lengah dan menabrak truk Nissan BK 8006 DV di depannya.

Berdasarkan informasi dari Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim, kronologi kecelakaan bermula saat mobil Toyota Innova N 1261 DX yang dikemudikan Moch Izza Arroziq (23), melaju kencang di ruas Tol Pandaan-Malang, dari arah Surabaya menuju Malang. Saat itu, mobil Innova berada di lajur cepat dengan kecepatan kurang lebih 100 kilometer (km) per jam.


Editor : Kastolani Marzuki