Kebakaran Hutan di Gunung Ringgit Pasuruan Perlu Pemadaman dari Udara karena Lokasi yang Curam

Jaka Samudra ยท Minggu, 13 Oktober 2019 - 13:26 WIB
Kebakaran Hutan di Gunung Ringgit Pasuruan Perlu Pemadaman dari Udara karena Lokasi yang Curam
Gunung Ringgit di Pasuruan, Jatim, terbakar sejak Jumat (11/10/2019). (Foto: iNews/Jaka Samudra)

PASURUAN, iNews.id – Relawan pemadam kebakaran di Gunung Ringgit, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) meminta pemerintah membantu pembasahan menggunakan helilkopter agar tidak merembet ke kebun kopi petani. Kebakaran yang sudah terjadi sejak tiga hari lalu ini, terus membesar sementara alat yang digunakan terbatas serta lokasi yang curam.

Salah satu relawan, Nuroso Adi mengaku api yang membakar area kebakaran yang dapat didatangi, dapat diatasi. Namun untuk area yang sulit dijangkau, seperti tebing curam, masih sulit dikendalikan. Area yang terbakar kemungkinan bisa mencapai ratusan hektar.

“Untuk lahan yang belum terbakar ini yang harus diselamatkan supaya tidak merembet ke tanaman petani,” katanya di Pasuruan, Minggu (13/10/2019).

Kebakaran hebat terjadi di Hutan Taman Hutan Raya (Tahura) di Gunung Ringgit, tepatnya di lahan R Suryo, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jatim. Hingga Minggu (13/10/2019) pagi, asap masih terlihat membumbung tinggi.

Anggota Kodim 0819 Pasuruan dan Polres Pasuruan serta dibantu relawan dan petugas Tahura dan Perhutani terus melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Nuroso berharap ada bantuan pemadaman dari udara mengingat kebakaran terjadi di medan yang curam dan sulit dijangkau secara manual. “Kami kesulitan dengan medannya, dan jika mau menjangkau lokasi akan sangat lama,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah