Kapolresta Sidoarjo Ajak Media Perangi Hoax Jelang Pilpres dan Pileg

Ihya Ulumuddin ยท Sabtu, 22 September 2018 - 14:54 WIB
Kapolresta Sidoarjo Ajak Media Perangi Hoax Jelang Pilpres dan Pileg
Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji (berdiri: kaus biru) berfoto bersama awak media usai acara cangkrukan di Warung Bebek Pak Montok, Sidoarjo, Sabtu (22/9/2018). (Foto: Istimewa)

SIDOARJO, iNews.id – Aparat kepolisian dari Polresta Sidoarjo mengajak media untuk bersama-sama memerangi hoax atau berita bohong jelang Pilpres dan Pileg 2019 mendatang. Maraknya berita hoax dinilai dapat mengancam keutuhan berbangsa dan bernegara.

Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Himawan Bayu Aji mengatakan, jelang Pilpres dan Pileg 2019, peran media sangat diperlukan, khususnya terkait maraknya berita hoax yang kini mulai banyak bermunculan di sejumlah media sosial.

“Diperlukan peran serta aktif dari Awak Media untuk bisa mencegah dan mengantisipasi munculnya berita hoax atau berita bohong di masyarakat,” ucap Himawan, saat menggelar Cangkrukan bersama Wartawan di Warung Bebek Pak Montok, Sidoarjo, Sabtu (22/9/2018).

Untuk mengontrol munculnya berita hoax di medsos, Kombespol Himawan mengajak para awak media cetak, elektronik maupun televisi yang bertugas di wilayah hukum Polresta Sidoarjo agar menjaga kondusivitas tersebut dan mengantisipasinya bersama.

"Masyarakat harus cerdas untuk membedakan berita hoax atau fakta, mana kritik atau ujaran kebencian semata. Jadi kita semua harus lebih cerdas lagi," katanya.

Himawan menegaskan, adanya berita hoax di berbagai media sosial tentunya dapat mengancam keutuhan bangsa. “Sehingga, diperlukan upaya untuk menangkal maraknya berita hoax yang belakangan ini mulai marak menghiasi jejaring media sosial,” ujarnya.

Dalam kegiatan Cangkrukan Kapolresta Sidoarjo bersama awak media se-Sidoarjo itu disepakati, awak media bersama jajaran Polresta Sidoarjo akan berjalan seiring untuk mengawal berbagai informasi terkait Pilpres dan Pileg 2019.

Selain dihadiri awak media di lapangan, Cangkrukan itu juga dihadiri sejumlah kepala biro dan redaktur media dari TV, cetak, maupun online serta sejumlah perwira pejabat utama dan seluruh kapolsek jajaran Polresta Sidoarjo.


Editor : Himas Puspito Putra