Kabar Baik, Jumlah Macan Tutul di Taman Nasional Meru Betiri Jember Tambah 3 Ekor

Bambang Sugiarto ยท Selasa, 14 April 2020 - 12:19:00 WIB
Kabar Baik, Jumlah Macan Tutul di Taman Nasional Meru Betiri Jember Tambah 3 Ekor
Salah satu macan tutul yang berhasil terekam camera trap di TMNB Jember. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Jumlah macan tutul di Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) Jember, Jawa Timur (Jatim) bertambah tiga ekor. Melalui camera trap, kini jumlah total hewan langka hingga tahun 2019 menjadi 15 ekor.

Sebanyak dua ekor macan tutul terekam kamera tengah bercanda. Sementara satu ekor lagi tertangkap kamera saat tengah bersiap tidur.

Kepala Balai TNMB Jember, Maman Surahman mengatakan, dari rekaman kamera trap dan juga berpapasan langsung dengan hewan di kawasan itu, kini petugas kembali menginventarisasi penambahan tiga macan tutul. Dengan adanya tambahan ini, semakin memberi harapan besar untuk kelestarian alam dalam jangka panjang dan menjadikan taman nasional sebagai wahana edukasi masyarakat dan ekowisata.

“Nanti usai musim hujan, petugas akan kembali melakukan inventarisasi, semoga akan ada penambahan jumlah satwa,” katanya.

TNMB memilik luas hutan sekitar 52.626,04 hektare. Lokasi taman nasional ini berada di Kecamatan Tempurejo, Jember. Di dalamnya, ada empat satwa yang menjadi perhatian utama petugas yakni banteng, elang jawa, penyu dan macan tutul.

“Satwa ini menjadi bagian yang terus dilestarikan agar tidak punah,” katanya.

Penambahan satwa langka ini kata Maman, tak lepas dari kerja keras dari berbagai pihak. Di antaranya petugas TNMB yang selalu menjaga hutan, masyarakat sekitar yang tidak menjarah hutan dan geografis alam yang mendukung.

Dia memprediksi , setidaknya masih ada puluhan ekor macan tutul yang berada di area TNMB yang berpopulasi dengan baik. Hal ini karena ketersediaan makanan yang berlimpah berikut alam yang terawat dan terjaga keseimbangannya.

“Ini menjadi aset untuk warisan pada anak cucu di masa mendatang,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah