Jelang Nataru, PT KAI Kebut Perbaikan Jalur Kereta Banyuwangi-Jember

Eris Utomo ยท Rabu, 18 Desember 2019 - 13:39 WIB
Jelang Nataru, PT KAI Kebut Perbaikan Jalur Kereta Banyuwangi-Jember
Perbaikan rel kereta Banyuwangi-Jember, Rabu (18/12/2019) (Foto: iNews/ Eris Utomo)

BANYUWANGI, iNews.id, - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 melakukan perbaikan jalur rel kereta jelang libur natal dan tahun baru (nataru). Jalur yang terus dilakukan percepatan yakni rel kereta yang menghubungkan Banyuwangi-Jember, Jawa Timur (Jatim).

Perbaikan dilakukan di titik rel yang rawan anjlok pada whesel atau bantalan rel dan sambungan rel. Jalur tersebut merupakan perlintasa rel yang ada di wilayah ujung di timur Pulau Jawa.

"Untuk perbaikan saat ini kita whesel. Pengukuran whesel. Untuk masalah pengukuran komponen, whesel ada penambahan-penambahan," kata Kepala Urusan Resot Jalan Rel Daop 9 Jember, Muhibin Yudistira di Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Rabu (18/12/2019).

Titik-titik rawan yang menjadi perhatian di antaranya di perbatasan Jember –Banyuwangi. Mulai dari Stasiun Kalibaru hingga Stasiun Ketapang Banyuwangi.

Perbaikan dilakukan secara manual dengan memadatkan batuan yang menjadi bantalan rel. Petugas juga mengatur ketinggian dan bentangan rel.

Yudisitira memastikan nantinya infrastruktur yang berkaitan dengan rel akan lebih siap untuk digunakan pada libur nataru. Pihaknya terus mengantisipasi persiapan perbaikan rel.

"Karena lonjakan nataru kan lebih, kalau berhubungan dengan angkutan kita harus antisipasi," jelas Yudistira.

Selain memperbaiki rel, PT KAI juga menambah menambah tiga layanan kereta api baru di Kabupaten Bojonegoro, Jatim. Tiga kereta tersebut antara lain Kereta Api Sancaka Utara rute Yogyakarta; Argo Bromo Anggrek; serta Kereta Api Dharmawangsah. Keduanya tujuan Jakarta.


Editor : Muhammad Fida Ul Haq