IDI Pastikan Video Dokter Telanjang di Surabaya yang Viral di Medsos Tak Terkait Covid-19

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 14:00 WIB
IDI Pastikan Video Dokter Telanjang di Surabaya yang Viral di Medsos Tak Terkait Covid-19
Tangkapan layar seorang perempuan telanjang di Surabaya. (foto: iNews.id/istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Surabaya, memastikan, dokter tanpa busana yang viral di media sosial tidak ada kaitannya dengan Covid-19 maupun kondisi ekonomi keluarga. Karena itu, IDI menyesalkan narasi atas video yang menyudutkan keluarga dokter tersebut.

Ketua IDI Surabaya dr Brahmana Askandar mengatakan, telah menghubungi keluarga begitu video tersebut beredar luas. Hasilnya, suami dan anak dokter baik-baik saja. Tidak terjangkit Covid-19 dan tidak meninggal sebagaimana narasi yang dibangun.

“Memang dokter, tapi dia tidak ada kaitannya dengan Covid-19 maupun kondisi ekonomi keluarga. Dia dokter umum, dan saya juga sudah kontak orang tuanya. Kebetulan saya kenal dan juga dokter,” katanya, Selasa (23/6/2020).

Yang memprihatinkan, dalam konten video tersebut, suami dan anak dokter disebut meninggal dunia. Padahal keduanya dalam kondisi sehat. “Dokter perempuan yang ada dalam video kondisinya juga baik, tidak depresi,” katanya.

Karena itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi-informasi belum benar kepastiannya. Sebab, saat ini banyak isu hoaks beredar di masyarakat, yang sengaja diciptakan untuk memperkeruh suasana.

Sebelumnya, akun Twitter @filipus_nove pada 9 Juni 2020 lalu, mengunggah sebuah video berdurasi 44 detik, yang memperlihatkan seorang wanita tanpa busana, berdiri di pinggir jalan di wilayah Surabaya.

“Ini dokter gigi di srby (Surabaya)...suaminya.ama anak nya mati kena covid.... ini istrinya sampai stres sampe telanjang di jalan,” tulis akun tersebut.

Dalam video tersebut juga terdengar suara seorang lelaki yang mengatakan bahwa perempuan tanpa busana itu adalah dokter, dan bertempat tinggal di Gang 2. “Iki dokter (ini dokter). Omahe gang 2 (rumahnya di gang 2),” kata lelaki tersebut.


Editor : Ihya Ulumuddin