Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang Malang Raya, Puluhan Rumah Rusak

Avirista Midaada · Jumat, 24 Desember 2021 - 20:14:00 WIB
Hujan Deras dan Angin Kencang Terjang Malang Raya, Puluhan Rumah Rusak
Sebuah pohon tumbang menimpa rumah warga di Kabupaten Malang, Jumat (24/12/2021). (Foto: MPI/Avirista Midaada).

MALANG, iNews.id - Hujan deras dan angin kencang menerjang wilayah Malang Raya, Jumat (24/12/2021). Akibatnya, puluhan pohon tumbang dan sejumlah rumah rusak

Kepala BPBD Kota Malang Alie Mulyanto menyebutkan, di Kota Malang hujan deras dan angin kencang menumbanhkan 12 pohon dan merusak dua unit rumah. Insiden tersebut juga menyebabkan beberapa orang terluka. 

"Terjadi cuaca ekstrem untuk wilayah Kota Malang yakni hujan lebat disertai angin kencang. Ada puluhan pohon tumbang, yang salah satunya menyebabkan korban luka," kata Alie Mulyanto. 

Alie menjelaskan, kejadian bencana pohon tumbang terjadi di Jalan Letjen Sutoyo Kecamatan Klojen, Jalan Bandung Kecamatan Klojen, Jalan Industri Barat Kecamatan Blimbing, Jalan Bungur Kecamatan Lowokwaru dan Jalan Yulius Usman Kecamatan Klojen.  

Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Nusakambangan, Jalan Ade Irma Suryani, Jalan Kedondong Kecamatan Klojen, di sekitar Pasar Madyopuro Kecamatan Kedungkandang, Taman indragiri Kecamatan Blimbing dan Jalan Bunga Truli, Kecamatan Lowokwaru.

"Kemudian di depan Kantor Pos Gadang, Kecamatan Sukun. Ada korban luka, seorang pengendara," katanya.

Sementara di Kabupaten Malang, terdapat 38 rumah warga di Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang rusak akibat hujan deras dan angin kencang. "Saat ini masih dilakukan pendataan oleh tim BPBD Kabupaten Malang, masih di lapangan," kata Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan. 

Dia menjelaskan, dari total 38 rumah yang rusak, satu di antaranta rusak berat dan empat lainnya rusak sedang dan sisanya rusak ringan. Dari total 38 unit rumah yang rusak itu berdampak kepada kurang lebih 154 keluarga. 

Sementara jumlah kerugian, diperkirakan sebesar Rp22,5 juta. Perbaikan sementara sudah dilakukan oleh tim BPBD Kabupaten Malang dan elemen terkait termasuk warga.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: