Heboh Penampakan Petir dan Kepulan Asap Merah di Atas Gunung Arjuno, Ini Faktanya

Avirista Midaada · Selasa, 14 Desember 2021 - 07:21:00 WIB
Heboh Penampakan Petir dan Kepulan Asap Merah di Atas Gunung Arjuno, Ini Faktanya
Awan merah di atas Gunung Welirang hebohkan warga Batu. Mereka khawatir fenomena itu aktivitas vulkanis dan berbahaya. (Foto: MPI/Avirista Midaada).

MALANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan petir dan kepulan asap merah di atas Gunung Arjuno Welirang bukan aktivitas vulkanis. BMKG juga menyebut penampakan itu merupakan fenomena alam biasa, sehingga warga tak perlu takut. 

Kasi Data Dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto mengatakan pihaknya telah mengkaji dan menganalisis video dan foto terkait fenomena kilat dan langit berwarna merah tersebut. "Fenomena awan yang terlihat berwarna merah, merupakan hal yamg biasa terjadi. Hal tersebut merupakan salah satu contoh fenomena optik atmosfer," ucap Teguh, Senin (13/12/2021) malam. 

Menurutnya, fenomena awan berwarna merah pada awan dan langit di sekitarnya dikarenakan adanya pembiasan cahaya matahari oleh partikel-partikel yang ada di atmosfer, sehingga menghasilkan energi yang rendah, gelombang panjang, dan memunculkan warna kemerahan. 

"Semakin rendah posisi matahari dari garis cakrawala, maka semakin rendah pula cahaya merah yang dicapai.

Fenomena langit kemerahan ini biasanya memang terjadi pada sore menjelang malam hari," katanya. 

Pihaknya juga menyebut, telah mengamati radar BMKG Juanda sepanjang Senin sore hingga malam. Dimana dari pantauan radar BMKG Juanda tersebut, banyak ditemukan pertumbuhan awan kumulonimbus. 

"Awan kumulonimbus adalah satu-satunya jenis awan yang dapat menghasilkan petir. Sambaran kilat dari awan ini menambah cahaya kemerahan dari langit tersebut," tuturnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: