Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Khofifah Bagikan Kaki Palsu

Ihya Ulumuddin ยท Jumat, 20 Desember 2019 - 19:35 WIB
Hari Disabilitas Internasional, Gubernur Khofifah Bagikan Kaki Palsu
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas, salah satunya sepeda motor roda tiga. (Foto: iNews/Ihya 'Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membagikan kaki palsu kepada para penyandang disabilitas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (20/12/2019). Bantuan ini diberikan dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019.

"Alhamdulillah saya dapat hadiah kaki palsu dari Ibu Gubernur. Saya bahagia dan sangat bersyukur sekali," kata Sandy Agung Herniawan, seorang penyandang disabilitas.

Sandy Agung yang sehari-harinya tinggal di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Bangil, Kabupaten Pasuruan ini menderita cacat di kaki kiri. Selama ini Sandy belum pernah memakai kaki palsu.

"Saya baru pertama kali memiliki kaki palsu dan tadi sudah saya coba jalan. Kalau duduk ternyata juga bisa ditekuk. Sekali lagi, terima kasih Bu Khofifah," kata pria kelahiran 26 Maret 1992 ini.

Di sela peringatan yang dihadiri sejumlah pejabat Forkopimda Jatim tersebut, Sandy Agung juga berkesempatan sebagai gitaris mengiringi dua rekannya, Rachmat Hidayat dan Muniroh yang membacakan puisi tentang disabilitas.

Setelah tampil, pria asal Malang tersebut juga mendapat hadiah berupa gitar listrik dari Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono. Sementara Rachmat dan Muniroh yang diberi laptop dengan harapan mampu lebih berkreasi serta termotivasi.

Pada kesempatan yang sama juga digelar peringatan Hari Ibu 2019 serta Hari Ulang Tahun Ke-20 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jatim.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berpesan kepada seluruh penyandang disabilitas untuk tetap semangat dan tidak merasa berada di kelas dua di tengah-tengah masyarakat.

"Yang harus diingat, semua manusia di hadapan Allah SWT adalah sama. Derajat manusia di hadapan Allah tidak dilihat dari fisik maupun harta, tapi ketaqwaannya," katanya.

Gubernur Khofifah yang didampingi Ketua TP PKK Jatim, Arumi Bahcsin dalam kesempatan itu juga memberikan santunan kepada sejumlah penyandang disabilitas, seperti sepeda motor roda tiga yang dirancang khusus, kursi roda, paket sembako dan uang tunai secara simbolis.


Editor : Umaya Khusniah