Harga Stabil, Gubernur Khofifah Pastikan Stok Sembako Aman sampai Tahun Baru

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 24 Desember 2019 - 20:00 WIB
Harga Stabil, Gubernur Khofifah Pastikan Stok Sembako Aman sampai Tahun Baru
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memantau stok dan harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Tambakrejo, Surabaya, Selasa (24/12/2019). (Foto: iNews/Ihya 'Ulumuddin)

SIDOARJO, iNews.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah Pasar di Surabaya dan Sidoarjo. Dalam kesempatan itu, Khofifah memastikan stok bahan pokok dan kebutuhan lain di Jawa Timur aman hingga pergantian tahun.

Kendati ada kenaikan harga beberapa barang kebutuhan, Khofifah menilai hal itu masih dalam tahap wajar dan dapat ditoleransi. Beberapa harga bahan makanan yang naik di antaranya telur, ayam, daging dan beras dan gula medium.

“Ada kenaikan, tetapi masih dalam tahap wajar, naik di kisaran Rp1.000 hingga Rp2.000, kenaikan harga segitu masih bisa ditolerir,” katanya, di sela sidak Pasar Tambakrejo Surabaya, Selasa (24/12/2019).

Dalam sidak ini, kenaikan harga tertinggi terjadi pada bawang merah yang mencapai Rp10.000. Meski begitu, mantan menteri sosial ini menilai angka tersebut masih wajar.

Pasalnya, memasuki musim hujan, suplai dari petani bawang merah di Nganjuk dan Probolinggo turun. Sementara, permintaan meningkat seiring dengan peak season natal dan tahun baru.

“Karena itu, saya pastikan tidak ada impor bawang merah di Jawa Timur. Kalau stoknya kurang, nanti akan saya ambilkan dari petani di Brebes, Jawa Tengah,” kata Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Sedangkan sejumlah harga barang kebutuhan pokok lainnya seperti cabai rawit dan merah, serta bawang putih justru terpantau turun. Untuk daging sapi berbagai varian harganya masih stabil.

Karena kenaikan sejumlah bahan pokok dinilai masih dalam tahap yang wajar, Khofifah memastikan tidak ada operasi pasar selama musim liburan Natal dan Tahun Baru.

Khofifah mengatakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan telah memantau harga-harga kebutuhan pokok ini sejak 16 hari yang lalu dan akan terus memantau hingga tahun baru nanti. Ada 25 pasar tradisional di seluruh wilayah Jawa Timur yang dipantau, salah satunya di Pasar Tambakrejo Surabaya.


Editor : Umaya Khusniah