Harga Kedelai Hampir Rp14.000 Per Kg, Puluhan Perajin Tahu Ledok di Bojonegoro Gulung Tikar

Dedi Mahdi ยท Rabu, 09 November 2022 - 17:55:00 WIB
Harga Kedelai Hampir Rp14.000 Per Kg, Puluhan Perajin Tahu Ledok di Bojonegoro Gulung Tikar
Harga kedelai yang hampir menyentuh Rp14.000 per kilogram membuat puluhan perajin tahu di Bojonegoro gulung tikar. (Foto: Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.id - Puluhan perajin tahu di Kabupaten Bojonegoro terpaksa gulung tikar. Sebab, harga kedelai sebagai bahan baku pembuat tahu di pasaran hampir menyentuh Rp14.000 per kilogram (kg).

Alhasil, untuk mengakali kerugian, para penjual tahu di Kelurahan Ledok terpaksa mengecilkan ukuran. Langkah ini ditempuh lantaran mereka tak berani menaikkan harga.

Ketua Paguruyuban Perajin Tahun Ledok, Pranyoto, mengatakan sedikitnya lebih dari 30 perajin tahu telah berhenti beroperasi. Sedikitnya, terdapat 350 perajin tahu yang telah beroperasi selama puluhan tahun.

Padahal, sebelumnya harga kedelai hanya berkisar Rp8.000 per kg. Kini, harga jual Rp13.900 per kg dianggap tak masuk akal dan membebani para penjual.

"Otomatis enggak bisa produksi, banyak teman-teman yang sudah tidak bisa produksi," kata Pranyoto.

Sementara itu, sejumlah perajin tahu yang masih bertahan terpaksa mengecilkan ukuran untuk mengakali potensi kerugian. Mereka tak berani menaikkan harga karena khawatir pembeli akan berkurang.

Editor : Rizky Agustian

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: