Hadiri Rakor PSHT di Pasuruan, Emil: Ayo Cetak Atlet Silat Kelas Dunia 

Lukman Hakim · Senin, 27 September 2021 - 08:29:00 WIB
Hadiri Rakor PSHT di Pasuruan, Emil: Ayo Cetak Atlet Silat Kelas Dunia 
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak pada acara Rakor PSHT Jatim di Pasuruan, Minggu (26/9/2021). (Foto: Sindonews/Lukman Hakim).

PASURUAN, iNews.id - Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak berharap perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) berprestasi hingga internasional. Pesan itu disampaikan Emil saat menghadiri Rakor PSHT Jatim di Pasuruan, Minggu (26/9/2021). 

Emil memastikan, pemerintah akan terus mendukung dan memfasilitasi cabang olahraga pencak silat untuk terus berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. 

"Pencak silat ini adalah kebanggaan Indonesia dan warisan budaya yang harus kita jaga. Kalau Jepang punya Karate, Korea punya Taekwondo, Cina punya Wushu, kita punya Pencak Silat ini. Jadi saya berharap agar PSHT dapat membawa nama pencak silat ke tingkat dunia," katanya. 

Emil menambahkan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jatim sudah menyediakan Pemusatan Pelatihan Atlet Pelajar Pencak Silat (PPLP) di Padepokan Pencak Silat Pandaan yang diproyeksikan untuk Olimpiade 2032. Tahun ini, Dispora juga mendirikan Sentra Pembinaan Olahraga Pelajar (SPOP) sebanyak 28 cabor.  

"Itu termasuk pencak silat yang dipusatkan di Malang untuk proyeksi Popnas 2023," ujar Wagub Emil. 

Emil mengatakan, telah ada pelatihan bagi pelatih berbagai cabor yang diadakan Dispora Jatim setiap tahunnya. Pelatihan tersebut dapat dimanfaatkan PSHT untuk membentuk atlet pencak silat yang berprestasi. 

"Fasilitas pelatihan tersebut harus dimanfaatkan oleh PSHT untuk membangun prestasi anggotanya, sekaligus mengembangkan budaya bangsa dan memperkuat nasionalisme. Karena seorang pelatih masih harus terus meningkatkan kapasitasnya baik dalam ilmu, skill maupun attitude," katanya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: