Guru SD di Magetan Positif Covid-19, 15 Kontak Erat Tes Swab

Asfi Manar ยท Rabu, 29 Juli 2020 - 08:08 WIB
Guru SD di Magetan Positif Covid-19, 15 Kontak Erat Tes Swab
Tes swab yang dilakukan di SDN Sempol Magetan diikuti 15 orang. (Foto: iNews/Asfi Manar)

MAGETAN, iNews.id – Seorang guru SDN Sempol, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur (Jatim) positif Covid-19. Akibatnya 15 orang yang terdiri atas delapan guru, seorang siswa dan warga sekitar rumah pasien tes swab.

Tes swab dilakukan oleh Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan bersama petugas puksesmas setempat. Tes berlokasi di SDN Sempol, Senin (28/7/2020). Dengan memakai APD lengkap, para petugas memeriksa suhu tubuh peserta sebelum tes.

Ketua Tim Penanganan Covid-19 Dinkes Kabupaten Magetan, Didik Setyo Margono mengatakan tes ini dilakuka lantaran seorang guru positif Covid-19. Sehingga tim melakukan tracing dan mendapati ada 15 orang yang melakukan kontak erat dengan pasien tersebut.
“Tes swab ini dilakukan karena salah satu guru di sini positif Covid-19,” katanya, Senin (28/7/2020).

Usai menjalani tes swab, 15 peserta ini diharuskan melakukan isolasi mandiri rumah masing-masing dengan pengawasan petugas medis. Isolasi dilakukan sembari menunggu hasil tes swab yang baru keluar antara 4 hingga 5 hari ke depan.

Hingga saat ini sudah ada sembilan guru yang terkonformasi positif Covid-19. Delapan di antaranya guru SD dan seorang lagi guru SMP.


Editor : Umaya Khusniah