Guru Diamankan Satpol PP Probolinggo di Taman, Diduga Mesum dengan Pria Beristri

Hana Purwadi ยท Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:08 WIB
Guru Diamankan Satpol PP Probolinggo di Taman, Diduga Mesum dengan Pria Beristri
Guru dan pasangannya yang diduga berbuat mesum di taman, didata dan dibina di Mako Satpol PP Kota Probolinggo, Jawa Timur (Jatim), Kamis (6/8/2020). (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Seorang oknum guru diamankan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama laki-laki beristri karena diduga berbuat mesum di gazebo Taman Maramis, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, Jawa Timur, Kamis (6/8/2020). Pasangan selingkuhan tersebut selanjutnya dibawa ke Mako Satpol PP.

Informasi dari Satpol PP Pemkot Probolinggo, perempuan yang diamankan berinisial NS (36), warga asal Wringinanom, Kecamatan Tongas. Sementara pasangannya, laki-laki berinisial H (35), juga warga Wringinanom, Kecamatan Tongas.

Pasangan yang menjalin hubungan terlarang ini diamankan setelah petugas Satpol PP menerima laporan dari masyarakat. Pasalnya, lokasi tersebut sering dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk berbuat mesum. Selanjutnya pasangan mesum itu dibawa ke Markas Satpol PP Probolinggo untuk didata.

Kepala Satpol PP Kota Probolinggo Agus Efendi mengatakan, hasil dari pendataan petugas, perempuan tersebut berstatus janda dan berprofesi sebagai guru TK di desanya. Sementara laki-laki yang bersamanya berstatus menikah.

Di hadapan petugas, pasangan itu mengaku sengaja membuat janji bertemu di tempat tersebut. Keduanya ingin segera mengakhiri hubungan cinta terlarang itu.

“Kami mengamankan pasangan itu. Mereka yang jelas mengarah ke sana (perbuatan mesum). Itu tidak layak dan tidak bagus, apalagi di tempat publik. Setelah kami tangkap, kami bawa ke markas, ternyata mereka orang kabupaten” katanya.

Agus mengatakan, Satpol PP akan membuatkan surat pernyataan kepada pasangan tersebut agar tidak lagi mengulangi perbuatannya di kemudian hari. Sebagai sanksi moral, Satpol PP akan menghubungi Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo bahwa salah satu tenaga pendidik daerah itu diamankan karena diduga berbuat mesum.

“Kami akan minta agar masalah ini diselesaikan secara kedinasan di kabupaten,” ujarnya.

Dia juga berharap peran serta masyarakat agar segala perbuatan yang tidak layak dan dilakukan di tempat umum hendaknya dilaporkan kepada petugas. Pasalnya perbuatan tersebut dilarang di Kota Probolinggo, apalagi dilakukan di tempat umum.

“Harapan kami ini menjadi pelajaran buat kita bahwa masyarakat pun harus bisa membuat laporan kepada kami. Tidak hanya mengandalkan patroli dari kami. Kalau di tempat publik ditemukan tindak asusila, laporkan kepada kami, kami akan menertibkan itu,” katanya.

Sementara salah satu warga yang menjadi saksi mata saat pasangan itu diamankan mengatakan, ada sejumlah warga yang berada di lokasi. Menurut warga, yang diamankan itu pasangan selingkuh.

“Kami tahunya tadi sudah dibawa petugas Satpol PP. Kata warga mereka bukan pasangan suami istri. Yang laki-laki itu sudah punya istri,” kata warga, Hasan.


Editor : Maria Christina