Punya Komorbid, Guru Besar Unair Boediwarsono Meninggal Dunia karena Covid-19

Ihya Ulumuddin · Senin, 07 September 2020 - 20:53 WIB
Punya Komorbid, Guru Besar Unair Boediwarsono Meninggal Dunia karena Covid-19
Prof Dr Boediwarsono bersama istri (istimewa)

SURABAYA, iNews.id - Guru besar Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Boediwarsono meninggal dunia karena Covid-19. Dokter spesialis penyakit dalam itu meninggal pada Minggu (6/9/2020) setelah menjalani perawatan di RS Darmo Surabaya.

“Beliau positif Covid-19 dan punya komorbid. Meninggal di usia 75 tahun,” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Surabaya Brahmana, Senin (7/9/2020).

Brahmana mengatakan, dr Boediwarsono jatuh sakit dan dirawat di RS Darmo sejak 25 Agustus lalu. Semula, dia dirawat di ruang isolasi. Namun, karena kondisinya memburuk, almarhum lantas dipindah ke ruang ICU dengan bantuan ventilator.

Brahmana mengatakan, sebelum meninggal, Boediwarsono masih aktif berpraktik menangani pasien penyakit dalam. Namun, tidak secara langsung menangani pasien Covid-19 di ruang isolasi. “Tapi namanya dokter, semua paparan bisa dapat dari mana saja, tidak melulu di ruang isolasi,” ujarnya.

Sementara itu, keluarga besar Unair dan IDI sangat berduka atas kabar ini. Sebab, selama ini dokter yang bergaya seperti penyanyi Elvis Presley itu dikenal berdedikasi tinggi. Karena itu, Unair dan IDI sangat kehilangan.

“Beliau telah telah menelurkan ribuan murid di seluruh Indonesia. Beliau sangat telaten kalau ngajar murid-muridnya. Beliau mudah memberikan pemahaman ke murid-muridnya,” katanya.


Editor : Ihya Ulumuddin