Gubernur Khofifah Lepas Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno, Ini Pesannya 

Ihya Ulumuddin · Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:56:00 WIB
Gubernur Khofifah Lepas Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno, Ini Pesannya 
Gubernur Khofifah saat prosesi pelepasan ekspedisi 77 Gunung Arjuno di Grahadi, Senin (15/8/2022). (Foto: istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dari Halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (15/8/2022). Sebanyak 77 orang pemuda tersebut akan mengibarkan Bendera Merah Putih di puncak Gunung Arjuno tepat pada tanggal 17 Agustus 2022 di peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 77. 

Tak hanya itu, tim ekspedisi ini juga akan melakukan penanaman sebanyak 77 pohon cemara gunung di Gunung Arjuno. Misi yang dibawa yakni semangat kemerdekaan dan kebangsaan, melalui semangat cinta lingkungan. 

Gubernur Khofifah mengatakan bahwa Gunung Arjuno sengaja dipilih karena beberapa alasan. Pertama, karena Gunung Arjuno ada di kawasan Taman Hutan Raya R Soeryo yang dikelola Pemprov Jatim. Kedua, Gunung Arjuno merupakan cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang bahkan telah ditetapkan oleh Unesco tahun 2015. 

Secara khusus, pelepasan Tim Ekspedisi 77 Gunung Arjuno dilakukan Gubernur Khofifah dengan menyerahkan pataka Bendera Merah Putih pada tujuh perwakilan elemen. Yaitu unsur perempuan, ASN, Pramuka, media, pelaku wisata, unsur mahasiswa pecinta alam dan unsur relawan. 

Sebelum pelepasan, Gubernur Khofifah juga menyerahkan secara simbolis bibit tanaman cemara gunung yang akan ditanam di Gunung Arjuno. 

"Saya sampaikan rasa bangga dan apresiasi atas seluruh semangat Ekspedisi 77 ini mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Arjuno. Ini salah satu cara mencintai negeri ini sekaligus menyampaikan kepada dunia bahwa mereka mencintai Republik Indonesia dengan seluruh jiwa dan raganya," tutur Gubernur Khofifah usai pemberangkatan. 

Gubernur Khofifah berpesan kepada seluruh Tim Ekspedisi untuk senantiasa menjaga kehati-hatian, kekompakan, dan mengutamakan keselamatan terhadap seluruh proses yang akan dilangsungkan hingga pengibaran Sang Saka Merah Putih di Puncak Gunung Arjuno mendatang.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: