Gubernur Khofifah Ajak CJH Manfaatkan Aplikasi TeleJemaah, Ini Manfaatnya

Lukman Hakim · Jumat, 03 Juni 2022 - 14:40:00 WIB
Gubernur Khofifah Ajak CJH Manfaatkan Aplikasi TeleJemaah, Ini Manfaatnya
Ilustrasi pelaksanaan ibadah haji. (Foto: Ist)

SURABAYA, iNews.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengacak Calon Jemaah Haji (CJH) asal Jatim memanfaatkan aplikasi TeleJemaah Puskes Haji selama di Mekkah. Sebab, aplikasi yang diinisiasi diinisiasi Kementerian Kesehatan itu bisa membantu mengontrol kesehatan CJH selam di tanah suci. 

"Dalam waktu dekat diharapkan para petugas PPIH (Panita Penyelenggara Ibadah Haji) selain mendampingi para jemaah saat tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, harus dilakukan sosialisasi maupun edukasi penggunaan aplikasi ini," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (3/6/2022). 

Pada menu aplikasi terdapat input data kesehatan yang terdiri dari tekanan darah, gula darah, saturasi oksigen, suhu tubuh, sampai keluhan. Menu pada aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan oleha jemaah haji dan bisa meminta bantuan petugas kesehatan jika diperlukan. Aplikasi ini juga berisi tentang informasi vaksinasi. 

Selain itu, dalam aplikasi TeleJemaah juga tercantum obat yang sering dibawa oleh para jemaah haji. Melalui aplikasi, jemaah haji bisa menghubungi langsung petugas kesehatan yang menyertai jemaah di dalam suatu kloter. Jemaah bisa menghubunginya langsung via WhatsApp. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: