Gubernur Daendels, Pejabat Belanda yang Pangkas Birokrasi dan Berantas Praktik Korupsi

Avirista Midaada ยท Senin, 13 Juni 2022 - 06:15:00 WIB
Gubernur Daendels, Pejabat Belanda yang Pangkas Birokrasi dan Berantas Praktik Korupsi
Herman Willem Daendels (Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Herman Willem Daendels, merupakan salah satu Gubernur Jenderal di Batavia. Dia tiba di Indonesia pada 1 Januari 1808 di sebuah pelabuhan kecil dekat Banten, setelah melalui perjalanan panjang.

Sebagaimana dikisahkan dalam buku "Nusantara Sejarah Indonesia" karya Bernard H. M. Vlekke, Daendels tiba setelah pelayaran yang sulit dan berbahaya dari Belanda melalui Lisbon dan Maroko. Kedatangan gubernur jenderal ini pun membuat kejutan bagi para orang lama.

Daendels memutuskan memindahkan para pejabat - pejabat yang tidak sehat ke Buitenzorg. Kekuasaan besar yang diberikan Raja Louis Belanda membuat Daendels mendapat angin begitu besar. Berbagai macam perubahan dia implementasikan.

Dia mereorganisasi dewan dan hanya memberikannya hak penasihat. Selanjutnya, Daendels memangkas birokrasi yang terkenal korupsi, menghancurkan dan membangun administrasi.

Tak hanya itu sejumlah infrastruktur dibangun oleh Daendels. Salah satu pembangunan yang dilakukan yakni jalan dan benteng. 

Di bidang administrasi misalnya, Daendels mereformasi total administrasi. Bahkan di masa Daendels, semua wilayah Belanda sebelah timur Cirebon dibentuk satu provinsi, provinsi pantai timur laut Jawa.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel: