Geger, Tanah Pekarangan Rumah Warga di Jombang Bersuhu Panas dan Mengeluarkan Asap

Mukhtar Bagus ยท Senin, 14 Oktober 2019 - 19:30:00 WIB
Geger, Tanah Pekarangan Rumah Warga di Jombang Bersuhu Panas dan Mengeluarkan Asap
Camat Diwek, Sudiro Setiono, menyelidiki fenomena asap muncul di tanah pekarangan rumah warga. (Foto: iNews/Mukhtar Bagus).

JOMBANG, iNews.id - Warga di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), dihebohkan dengan fenomena munculnya asap dari tanah di pekarangan rumah warga, Senin (14/10/2019) siang. Bukan hanya itu, suhu tanah tersebut juga naik menjadi lebih panas.

Warga di sana pun membuktikan panasnya tanah tersebut dengan mengubur telur di dalam tanah tersebut. Kemudian, hanya dalam waktu 20 menit, telur tersebut sudah dalam keadaan matang.

Tanah berasap ini muncul di pekarangan rumah Abdul Muis, warga Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Warga di sana menyebut, tanah berasap dan panas tersebut sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

"Kita temukan di sini itu tanahnya tiba-tiba berasap," kata seorang warga, Hanafi, kepada iNews di lokasi pekarangan rumah warga tersebut.

Dia mengatakan, selain suhu panas yang tinggi dan mengeluarkan asap, tanah tersebut juga mengeluarkan bau. Namun dia tak bisa memastikan jenis bau tersebut, tapi diduga sumber gas alam.

Camat Diwek, Sudiro Setiono mengatakan, akan melaporkan kejadian ini ke instansi terkait. Temuan warga berupa tanah panas berasap dan berbau ini tentu harus segera diselidiki.

"Karena telur saja 20 menit-an bisa matang. Artinya kan panas di sini, di atas 50 derajat rata-rata," ujar dia.

warga pemilik rumah mengaku tidak tahu-menahu apa yang menyebabkan tanah di pekarangan rumahnya sampai panas dan berasap. Padahal, lingkungan mereka tidak berada di daerah pegunungan aktif.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal