Gedung DPRD Jatim Berubah Seperti Pondok Pesantren

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 19:13:00 WIB
Gedung DPRD Jatim Berubah Seperti Pondok Pesantren
Pimpinan dan aggota DPRD Jatim mengenakan sarung saat paripurna, Kamis (22/10/2020).(Foto: iNews.id/ihya ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Suasana gedung DPRD Jawa Timur (Jatim) berubah seperti pondok pesantren, Kamis (22/10/2020). Anggota dewan laki-laki mengenakan sarung dan jas serta berpeci. Sementara yang perempuan mengenakan kerudung, khas santriwati.

Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad mengatakan, seragam sarung sengaja dipakai untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh hari ini. Pihaknya ingin semua anggota dewan memberi penghormatan, meski hanya melalui pakaian.

“Ide itu (mengenakan sarung) muncul pada rapat Bamus (Badan Musyawarah) yang saya pimpin. Kami semua sepakat mengenakan sarung saat Paripurna. Sebab, momentumnya bertepatan dengan hari santri,” ujarnya sesuai paripurna.

Menurut Sadad, sarung memang menjadi salah satu pakaian kebesaran santri, selain peci dan baju takwa. Karena itu DPRD Jatim memutuskan untuk bersarung sebagai simbol santri di rapat paripurna.

“Meski kelihatan seperti orang yang mau berangkat akad nikah. Ini yang biasa dipakai para kiai dalam acara resmi,” kata politisi Gerindra ini.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2