Gadis asal Surabaya Hilang 3 Pekan Sempat Curhat Sering Dimarahi Ayah Tiri

Yudha Prawira ยท Jumat, 07 Februari 2020 - 19:11 WIB
Gadis asal Surabaya Hilang 3 Pekan Sempat Curhat Sering Dimarahi Ayah Tiri
MF (13) gadis asal Surabaya ditemukan setengah sadar di pinggir jalan di Kota Probolinggo. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id – Setelah tiga pekan hilang dari rumah, MF (13) warga Gubeng, Surabaya ditemukan dalam kondisi setengah sadar di pinggir Jalan Kebonsari Wetan, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, Jumat (7/2/2020).

Warga menduga gadis tersebut menjadi korban perdagangan manusia atau human trafficking. Penemuan siswi SMP di Gubeng, Surabaya itu kemudian viral setelah diunggah di Facebook.

Nenek korban, Wati mengatakan, sebelum dilaporkan hilang, cucunya MF sering mencurahkan isi hatinya (curhat) ke teman-temannya lantaran kerap mendapat perlakuan kasar secara verbal dari ayah tirinya.

“Biasanya ikut saya. Hilang dari rumah bapak tirinya. Kalau cerita dari temannya, dia pernah curhat aku capek. Suka dimarah-marahin sama ayah tirinya. Dia anak tunggal. Hilang hampir tiga minggu,” kata Wati ditemui di Mapolres Probolinggo Kota.

Menurut Wati, cucunya MF juga kerap curhat ingin disayang orang tua seperti teman-temannya. “Dia sering bilang ke temannya, kamu kok disayang sama orang tuanya. Aku kok gak pernah disayang sama orang tua. Aku ingin disayang seperti kamu,” ucapnya.

Wati mengatakan, saat pergi dari rumah ayah tirinya, MF diketahui membawa sepeda motor dan dititipkan ke rumah temannya. “Dia saat itu bawa motor, terus dititipkan ke rumah temannya. Awalnya sih, dia tidur di rumah temannya dua hari. Terus pindah lagi ke teman satunya. Mungkin ya yang ketempatan risih,” ujarnya.

Terkait apakah cucunya jadi korban trafficking atau penculikan, Watu mengaku tidak tahu. Yang jelas, cucunya diketahui hilang atau pergi dari rumah tanpa pamit sejak tiga pekan lalu. “Saya tidak tahu persis, cucu saya diculik atau bagaimana,” katanya.

Wati mengaku pihak keluarga sebelumnya sudah melaporkan ke polisi terkait hilangnya MF selama tiga pekan. “Ya, sudah lapor polisi. Tadi, dapat telepon orang Probolinggi katanya cucu saya ditemukan. Alhamdulillah,” katanya.

Kasatreskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Nanang Fendi menjelaskan, petugas mendapat laporan penemuan gadis di pinggir jalan. “Setelah itu, anggota kami menjemput korban di lokasi kejadian dan kita mintai keterangan,” katanya.

Dia mengaku tidak tahu persis apakah ada bekas tanda kekerasan seksual di tubuh korban atau tidak. “Yang pasti saat kita periksa korban sedikit dalam kondisi setengah sadar. Kemudian korban kita serahkan ke keluarga dengan didampingi anggota Polsek Gubeng,” katanya.

Penemuan gadis asal Gubeng, Surabaya itu sempat viral di media sosial Facebook. Dalam postingan tersebut, MF ditemukan dalam kondisi setengah sadar. MF mengaku dirinya dibonceng seseorang kemudian ditinggal begitu saja di pinggir jalan.

Setelah koordinasi dengan sesama grup di Facebook, ada keluarga yang memposting kehilangan MF. Setelah ada kecocokan kemudian korban diserahkan ke polisi.


Editor : Kastolani Marzuki