Foto-Foto Tim Inafis Polres Jember dan DVI Polda Jatim Bongkar Makam di Bawah Musala

Bambang Sugiarto ยท Senin, 04 November 2019 - 16:54 WIB
Foto-Foto Tim Inafis Polres Jember dan DVI Polda Jatim Bongkar Makam di Bawah Musala
Suasana saat pembongkaran makam dalam ruangan yang dijadikan musala dalam rumah warga di Jember. (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER, iNews.id – Tim Inafis Polres Jember dan DVI Polda Jatim mendatangi musala dalam rumah warga yang diduga menjadi lokasi penguburan jasad Surono di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo. Korban diduga meninggal tak wajar sehingga makam yang ada dalam musala tersebut dibongkar untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut.

Proses pembongkaran berlangsung tertutup, namun wartawan sempat diberi kesempatan pada awal bagian. Selama prosesnya, ratusan warga sekitar tampak berkerumun di sekeliling rumah almarhum Surono yang menjadi TKP.

Pantauan dalam ruangan yang dijadikan musala, memang sedikit berbeda dibanding pada umumnya. Tempat salat keluarga ini cukup janggal karena terlihat lebih panjang dari dan diplester coran semen hingga menjorok keluar lebih kurang setengah meter.

Sebelumnya saat pembongkaran awal, polisi menemukan kain sejenis sarung di lokasi. Setelah penggalian, petugas menemukan tulang belulang diduga jenazah Surono.

Seluruh hasil penemuan di lokasi akan digunakan untuk kepentingan penyelidikan dan selanjutnya dibawa ke Polda Jatim untuk analisis lebih lanjut.

Kapolsek Ledokombo AKP Wardoyo Utomo mengatakan, pembongkaran makam ini untuk memastikan penyebab kematian korban. Apalagi keterangan saksi yakni anak dan ibu korban berbeda. Mereka saling tuding atas dugaan pembunuhan tersebut.

“Anak dan istri almarhum ini saling tuduh membunuh korban. Kami akan terus berupaya untuk menentukan siapa tersangkanya dan berdasar petunjuk pimpinan membongkar makam di tempat ibadah yang agak janggal ini,” kata Wardoyo.


Editor : Donald Karouw