Final Piala Gubernur Jatim 2020, Stadion Gelora Delta Sidoarjo Steril dari Jakmania

Ihya Ulumuddin ยท Rabu, 19 Februari 2020 - 14:04 WIB
Final Piala Gubernur Jatim 2020, Stadion Gelora Delta Sidoarjo Steril dari Jakmania
Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan saat memberikan keterangan terkait suporter Jakmania saat laga final. (Foto: iNews/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.id – Laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya Vs Persija di Gelora Delta Sidoarjo steril dari suporter ‘The Jakmania’. Mereka tidak diperbolehkan datang ke stadion karena pertimbangan keamanan.

Sebaliknya, bagi Bonek, suporter Persebaya, tetap dipersilahkan datang. Pengecualian ini diambil karena laga puncak tersebut berada di homebase Persebaya.

“Kami mengimbau kepada suporter Persija untuk menahan diri (tidak datang ke stadion). Silakah mereka bergabung dengan teman-temannya, nonton bareng,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, seusai rapat koordinasi persiapan final di Mapolda Jatim, Rabu (19/2/2020).

Luki mengatakan, polisi bersama dengan Pemprov Jatim akan menyiapkan tempat nonton bareng di tiap-tiap kecamatan. Harapannya, penudukung Persija tetap bisa menikmati laga tim kesayangannya sekalipun tidak hadir di stadion.

Khusus bagi Bonek, sekalipun boleh datang ke stadion, akan dikawal sesuai SOP. Mereka juga diwajibkan tertib dan tidak membuat kerusuhan.

“Bonek boleh nonton, dengan catatan akan tertib akan menjaga keamanan. Siapapun pemenangnya tetap bisa menjaga situasi di Jatim,” katanya.

Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanudin mengatakan, agar kondisi stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak sesak, jumlah penonton akan dikurangi sebanyak 20 persen dari kapasitas. Kapasitas Gelora Delta sekitar 30.000 orang akan dikurangi 20 persen.

“Jadi tinggal 24.000, agar tidak crowded di dalam,” katanya.

Diketahui, Laga final Piala Gubernur Jatim 2020 antara Persebaya dan Persija dipindahkan, dari Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (20/2/2020). Keputusan ini dilakukan atas pertimbangan keamanan. Apalagi, stadion GBT juga tengah disiapkan sebagai calon venue piala dunia U-20.

Laga puncak ini akan digelar pukul 15.30 WIB dan disiarkan langsung MNCTV.

Keputusan venue final Piala Gubernur ini ini berdasarkan rapat koordinasi terbatas antara TNI-Polri, PSSI, Panpel Pertandingan, Pemprov Jatim dan perwakilan menejemen kedua kesebelasan di Polda Jatim, Rabu (19/2/2020). 


Editor : Umaya Khusniah