Duh, Rumah Sakit di Sidoarjo Tak Mampu Lagi Menampung Pasien Covid-19 Baru

Pramono Putra ยท Senin, 29 Juni 2020 - 11:28 WIB
Duh, Rumah Sakit di Sidoarjo Tak Mampu Lagi Menampung Pasien Covid-19 Baru
Ilustrasi rapid test. (foto: iNews.id/Mukhtas Bagus)

SIDOARJO, iNews.id - Tujuh rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) sudah kelebihan kapasitas. Sebagai alternatif, pasien Covid-19 baru akan dirujuk ke rumah sakit di luar Sidoarjo.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo, Nur Achmad Syaifudin mengatakan, situasi ini akibat banyaknya pasien positif Covid-19 baru. Rumah sakit tersebut di antaranya RSUD Sidoarjo dan beberapa RS swasta rujukan.

"Rumah sakit kita sudah penuh, sehingga tidak mampu menampung pasien baru. Untuk itu kami rekomendasikan untuk dirujuk ke rumah sakit Covid-19 di luar Sidoarjo," katanya Minggu (28/6/2020).

Dirujuknya pasien Covid-19 baru ke luar Sidoarjo ini dilakukan sembari menunggu rumah sakit darurat yang kini masih dicarikan lokasinya.
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Sidoarjo tersebut meminta masyarakat Kabupaten Sidoarjo untuk tetap memperhatikan dan menaati protokol kesehatan.

Hingga Minggu (28/6/2020) malam, ada sekitar 40 pasien Covid-19 yang menjalani isolasi di Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSUD Sidoarjo dan sejumlah rumah sakit rujukan. Rencananya, apabila ada tambahan pasien positif Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo, akan dirujuk ke Rumah Sakit Syaiful Anwar (RSSA) Malang serta ke RSUD dr Soedono Madiun.


Editor : Umaya Khusniah