Dikejar Utang Rentenir, Buruh Tani di Banyuwangi Nekat Maling Motor

Sindonews.com, Eris Utomo ยท Sabtu, 08 Februari 2020 - 18:10 WIB
Dikejar Utang Rentenir, Buruh Tani di Banyuwangi Nekat Maling Motor
Ilustrasi pelaku pencurian ditangkap polisi (AFP)

BANYUWANGI, iNews.id - Seorang buruh tani bernama Zaenuri warga Banyuwangi, Jawa Timur, ditangkap personel Polsek Pesanggaran. Bukan tanpa alasan, pelaku ditangkap karena nekat mencuri sepeda motor.

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku nekat mencuri lantaran membutuhkan uang untuk membayar utang kepada rentenir," kata Kanit Reskrim Polsek Pesanggaran, Ipda Karyono, Sabtu (8/2/2020).

Karyono menambahkan, Zaenuri ditangkap setelah petugas mendapat laporan adanya kasus pencurian sepeda motor. Tak lama dari kasus pencurian ini, pelaku langsung menjual sepeda motor hasil curian itu.

"Kemudian, ada orang yang ingin membeli motor itu dengan harga tinggi dan menjanjikan uang muka Rp700.00 ke pelaku," kata Karyono.

Pelaku Zaenuri akhirnya menemui pembeli yang tak lain dan tak bukan ternyata teman korban. Hasilnya, pelaku ditangkap dan diserahkan ke polisi.

Selain menangkap pelaku, polisi juga menyita barang bukti berupa satu unit sepeda motor, kunci letter T dan cover body motor curian.

Atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto