Diduga Cari Mangsa, Ular Piton 3 Meter Masuk Rumah Warga di Bojonegoro

Dedi Mahdi ยท Minggu, 12 Juli 2020 - 09:05 WIB
Diduga Cari Mangsa, Ular Piton 3 Meter Masuk Rumah Warga di Bojonegoro
Proses evakuasi ular piton di Bojonegoro, Jatim. (Foto: iNews/Dedi Mahdi)

BOJONEGORO, iNews.idUlar jenis piton sepanjang lebih dari tiga meter menghebohkan warga Desa Cangkir, Kecamatan Kepohbaru, Bojonegoro. Bagaimana tidak, ular berukuran besar ini masuk rumah salah satu warga karena diduga kelaparan.

Warga yang mengetahui kemunculan ular ini segera melaporkannya pada petugas pemadam kebakaran agar mengevakuasinya. Sebelumnya, warga mengaku sering kehilangan ternak berupa ayam selama sepekan terakhir.

Salah satu warga, Ruslan mengaku, kemunculan ular berukuran besar ini baru pertama kali terjadi di desa setempat. Maka dari itu, kemunculannya sempat membuat resah warga.

“Sempat buat warga resah karena baru pertama kali muncul. Besar ularnya lebih dari tiga meter,” katanya, Kamis (9/7/2020).

Petugas yang menerima laporan segera mendatangi lokasi dan mengevakuasi ular tersebut. Personel gabungan yang terdiri atas pemadam kebakaran, Bhabinkamtibmas, Satpol PP dan warga akhirnya berusaha mengevakuasi ular tersebut.

Petugas Damkar Bojonegoro, Teguh Aris Setyo mengatakan ular tersebut akan diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) setempat. “Tim gabungan berhasil mengevakuasi ular tersebut dan akan diserahkan ke BKSDA,” katanya.

Diduga habitat ular yang berada di hutan setempat rusak sehingga hewan melata tersebut masuk ke permukiman. Warga menduga masih ada ular lain selain yang sudah ditangkap. Maka dari itu, kini mereka menggelar patrol terutama pada malam hari.


Editor : Umaya Khusniah