Diburu dengan Anjing, Lutung Jawa Ditemukan Tinggal Ekor di Gunung Butak Malang

Avirista Midaada · Jumat, 16 Juli 2021 - 20:28:00 WIB
Diburu dengan Anjing, Lutung Jawa Ditemukan Tinggal Ekor di Gunung Butak Malang
Petugas ProFauna Indonesia menemukan potongan ekor lutung Jawa di Gunung Butak, Kabupaten Malang. (Foto: MNC Portal/Avirista Midaada)

MALANG, iNews.id - Seekor hewan dilindungi jenis lutung Jawa ditemukan tinggal bagian ekor oleh petugas ProFauna dan warga di hutan lereng Gunung Butak, Dusun Perinci, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang

Lutung Jawa tersbeut diduga diburu orang tak dikenal dengan menggunakan anjing.

"Kejadiannya kemarin Kamis saat patroli rutin. Lalu kami tadi bersama BKSDA Jawa Timur, KPH Malang raya langsung menuju lokasi perburuan ditemukannya lutung kemarin," kata Ketua ProFauna Indonesia Rosek Nursahid, Jumat (16/7/2021).

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dari tim gabungan, ditemukan sisa-sisa rambut lutung Jawa dan menemukan jejak - jejak anjing pemburu.

“Tidak ada bagian lain, hanya rambut-rambutnya yang tercecer, posisi di tanah, jadi kita temukan di atas tanah," ungkapnya.

Rosek menambahkan, lutung tersbeut diduga diburu dengan anjing yang telah dilatih oleh seseorang. Sebab tak ditemukan indikasi adanya lutung Jawa tersebut diterkam oleh predator alami lainnya.

"Kemungkinan predator alami itu sangat kecil dari analisa kami. Satu kalau lutung itu sebagian besar hidupnya di atas pohon, bukan di atas tanah," katanya.

Dia telah melaporkan adanya penemuan bangkai lutung Jawa ke petugas penegakkan hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan polisi.

"Kami juga sudah laporan ke gakkum Kementerian LHK. Kami mendesak diusut tuntas karena menantang penegak hukum dua kali terjadi," katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: