Demo Surabaya, Polisi Tangkap 2 Provokator Pelemparan Batu dan Kapak

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 26 September 2019 - 21:04:00 WIB
Demo Surabaya, Polisi Tangkap 2 Provokator Pelemparan Batu dan Kapak
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. (Foto: iNews.id/Ihya' Ulumuddin)

SURABAYA, iNews.idPolda Jatim menangkap dua provokator kericuhan dalam demonstrasi massa di depan gedung DPRD Jatim, Surabaya, Kamis (26/9/2019).

Belum diketahui identitas kedua pelaku, namun polisi memastikan bahwa keduanya adalah pemicu terjadinya aksi lempar batu dan kapak ke arah petugas. 

"Ya, tadi ada sebuah kapak kecil dilempar, ada satu, dan dua provokator yang kami amankan," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan.

Luki mengatakan, penyidik masih mendalami identitas kedua provokator yang diamankan itu. "Masih diperiksa yang dua orang. Kami belum tahu mahasiswa atau bukan," katanya. 

Sebelumnya pada Rabu malam, lanjut Luki, polisi juga telah mengamankan empat pelaku vandalisme. Keempatnya diketahui mencorat-coret sejumah pos polisi denhan tulisan-tulisan provokatif. 

Menurut Luki, meski ada aksi pelemparan batu dan kapak, aksi massa kali ini relatif kondusif. Sebab, tidak ada perusakan atau bahkan korban, baik dari aparat maupun peserta aksi. 

“Pada prinsipnya pendemo tidak ada yang luka dan lecet, dan dari anggota dari kami tidak ada (yang terluka). Saya selaku Kapolda Jatim mewakili aparat yang melakukan pengamanan baik polisi, maupun TNI mengucapkan terimakasih," katanya. 

Situasi aman ini, kata Luki, tidak hanya terjadi di Surabaya, tetapi juga di daerah lain di Jawa Timur. "Alhamdulillah, Jawa Timur terkendali. Makanya Polwan kami turunkan untuk membacakan Asmaul Husna untuk mendinginkan," ujarnya. 

Diketahui, lebih dari 5.000 massa menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Jatim. Massa yang mengatasnamakan aliansi Kekuatan Sipil ini menolak sejumlah rancangan undang-undang (RUU) kontroversial. Di antaranya adalah RUU KPK, RUU KUHPidana.

Editor : Kastolani Marzuki