Daftar Tarif Pemeriksaan Korona di RSUA Beredar di Medsos, Ini Klarifikasi Kampus Unair

Ihya Ulumuddin ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 16:56 WIB
Daftar Tarif Pemeriksaan Korona di RSUA Beredar di Medsos, Ini Klarifikasi Kampus Unair
Kertas pengumuman yang berisi daftar harga pemeriksaan virus korona di RS Umum Unair, Surabaya. (Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Surat pemberitahuan tentang tarif pemeriksaan virus korona di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) beredar di sejumlah media sosial. Surat tertanggal 18 Maret tersebut menyebutkan lima paket pemeriksaan dengan harga cukup tinggi. Masing-masing pemeriksaan paket lengkap; paket A, B, C dan D.

Untuk paket lengkap misalnya, besaran tarif dipatok hingga Rp2.775.600. Pada paket ini, pemeriksaan meliputi lima tahapan. Di antaranya pendaftaran, konsultasi dokter spesialis, swab PCR Covid-19, DL dan X-Ray.

Sedangkan, paket A, meliputi pendaftaran, konsultasi dokter spesialis, swap PCR Covid-19 dan X-ray dipatok harga Rp2.644.800. Sementara paket paling murah (paket D) dipatok harga Rp 540.000 yang hanya berisi pendaftaran dan konsultasi dokter tanpa pemeriksaan.

Beredarnya surat pemberitahuan tarif pemeriksaan covid-19 atau viris korona ini pun mengundang reaksi negatif dari masyarakat. Mereka menganggap tarif tersebut tidak manusiawi dan menyulitkan masyarakat kecil.

“Kalau ini (tarif pemeriksaan di RSUA) benar, sungguh disayangkan. Sebab, orang jadi berfikir untuk memeriksakan diri. Lebih-lebih masyarakat tidak mampu,” kata salah seorang warga Surabaya, Anang, Kamis (19/3/2020).

Belum ada konfirmasi dari pihak RSUA atas beredarnya surat tersebut. Direktur RSUA Prof. Nasronudin juga belum bisa dihubungi.

Namun, menurut Humas Universitas Airlangga (Unair) Suko Widodo, surat tersebut palsu alias hoaks. Menurutnya, terkait masalah informasi palsu tersebut akan dirilis secara resmi oleh pihak rumah sakit.

“Nanti, kami carikan informasinya,” katanya.


Editor : Umaya Khusniah