Curi Burung Juara, 2 Maling Bersaudara di Probolinggo Ditangkap Polisi

Hana Purwadi · Selasa, 09 Juni 2020 - 08:43 WIB
Curi Burung Juara, 2 Maling Bersaudara di Probolinggo Ditangkap Polisi
Kedua pelaku pencuri burung murai di Probolinggo, Jatim. (Foto: iNews/Hana Purwadi)

PROBOLINGGO, iNews.id - Dua maling bersaudara spesialis burung berkicau di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) ditangkap polisi. Hewan berkicau yang dicuri pelaku merupakan burung pemenang lomba yang bernilai jutaan rupiah.

Zainal Arifin (22) dan Ilyas Royan (27) warga Desa Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok ditangkap aparat dari Unit Satreskrim Probolinggo Kota. Di hadapan polisi, keduanya mengaku sebelumnya, sudah lima kali mencuri dengan alasan terlilit utang.

Burung yang dicuri pelaku berjenis murai milik Totok, warga Kecamatan Kedopok. Burung tersebut dicuri pada Selasa (2/6/2020) malam, dan keesokan harinya, korban melaporkan ke polisi.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Kota, AKP Heriono mengatakan, tersangka Zainal ditangkap terlebih dulu. Setelah dilakukan pengembangan, polisi menangkap Ilyas yang bekerja di Dinas Pekerjaan Umum sebagai office boy.

“Berdasarkan laporan korban, kami amankan kedua pelaku. Burung yang dicuri yang sering menang lomba sehingga punya nilai jual tinggi,” katanya saat rilis kasus, Senin (8/6/2020).

Kedua pelaku mengatakan hasil curiannya biasanya dijual kepada seseorang dengan harga Rp2 juta.

Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti berupa burung murai dan berbagai piagam kejuaraan lomba. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.


Editor : Umaya Khusniah