Cerita Petani Mendadak jadi Miliarder karena Proyek Tol, Sedih Kehilangan Sawah dan Pekerjaan

Saeful Efendi ยท Selasa, 21 September 2021 - 19:33:00 WIB
Cerita Petani Mendadak jadi Miliarder karena Proyek Tol, Sedih Kehilangan Sawah dan Pekerjaan
Warga terdampak jalan Tol Solo-Jogja di Desa Beku, Kecamatan Karanganom saat proses penerimaan uang ganti rugi di gedung pertemuan setempat. (Foto: iNews/Saeful Effendi)

KLATEN, iNews.id - Para petani yang mendadak jadi miliarder karena proyek jalan tol Solo-Jogja ternyata merasakan kesedihan. Meski mereka kini menjadi kaya, mereka juga sedih karena kehilangan sawah dan pekerjaan. 

Kesedihan ini diungkapkan salah satu warga terdampak jalan tol di Desa Beku, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, bernama Paiman (64).

"Dukanya, karena pekerjaan dan sawah saya hilang. Sekarang saya tak punya sawah lagi untuk dikerjakan," kata Paiman, Selasa (21/9/2021).

Paiman mengatakan, dirinya menerima uang ganti rugi sekitar Rp6 miliar karena proyrk Tol Solo-Jogja tersebut. Uang itu untuk enam bidang tanah berupa pekarangan rumah sebesar Rp2 miliar dan lahan pertanian serta sawah dua patok yang terdampak jalan tol Solo-Jogja Rp4 miliar. 

Dia berencana menggunakan uang tersebut untuk membeli dua rumah dan dibagikan kepada ahli warisnya. Saat ini, dia sudah membeli dua rumah masing-masing Rp600 juta dan Rp500 juta. 

“Sudah beli dua rumah jadi, harganya sekitar Rp600 juta dan Rp500 juta. Sementara selebihnya nanti akan dibagi-bagi ke 12 saudara yang lain,” kata Paiman.

Paiman juga mengatakan, meski dirinya sudah memiliki rumah pengganti di Desa Beku, dia belum menempatinya. Rumahnya yang direncanakan terlintasi jalan Tol Solo-Jogja masih ditempatinya sampai saat ini.

“Kalau saya memilih untuk dibelikan rumah lagi. Soalnya rumah saya kena terdampak tol. Jika dibelikan lahan pengganti, rasanya tidak cukup,” katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: