Cegah Penyebaran Virus Corona, Layanan SIM Kota Surabaya Ditutup hingga 30 Maret

Ihya Ulumuddin ยท Selasa, 24 Maret 2020 - 12:43 WIB
Cegah Penyebaran Virus Corona, Layanan SIM Kota Surabaya Ditutup hingga 30 Maret
Ilustrasi imbauan untuk tetap berada di rumah.(Foto: Istimewa)

SURABAYA, iNews.id – Layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) ditutup. Penutupan layanan ini berlaku di semua tempat mulai dari Satpas Colombo hingga di seluruh gerai di sejumlah titik di Kota Surabaya.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Tenddy Candra mengatakan, penutupan layanan SIM ini tidak hanya untuk permohonan SIM baru, tetapi juga perpanjangan. “Semua tutup, mulai hari ini sampai 30 Maret 2020 mendatang, sambil menunggu perkembangan,” katanya, Selasa (24/3/2020).

Atas penutupan layanan ini, Polrestabes Surabaya, kata Teddy, memberikan dispensasi bagi pemegang SIM yang telah habis masa berlakunya.

“Jadi yang masa berlaku SIM-nya habis, kami beri dispensasi saat penutupan pelayanan sementara berlangsung. Masyarakat bisa mengurus perpanjangan pada saat pelayanan dibuka kembali,” katanya.

Teddy menjelaskan, penutupan layanan SIM ini dilakukan menyusul wabah virus corona di Surabaya. Selain itu, kebijakan tersebut juga dilakukan sebagai upaya untuk membantu pemerintah (pusat hingga daerah) dalam mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

“Layanan SIM menjadi salah satu tempat berkumpulnya orang banyak. Ini terlalu berisiko. Karena itu, terpaksa kami tutup sementara,” katanya.

Diketahui, di Kota Surabaya, layanan permohonan SIM baru maupun perpanjangan dibuka di Kantor Samsat Colombo. Sedangkan untuk perpanjang SIM, bisa didapat di Unit Pelayanan SIM Corner Tunjungan Plaza, SIM Corner BG Junction, SIM Corner Mall Pelayanan Publik Siola, SIM Keliling JX. Internasional serta Unit SIM Keliling SoboKelurahan.


Editor : Umaya Khusniah