Cegah Penyebaran PMK, Satgas Pangan Polda Jatim Batasi Lalu Lintas Hewan Ternak 

Hari Tambayong, Lukman Hakim · Selasa, 10 Mei 2022 - 08:52:00 WIB
Cegah Penyebaran PMK, Satgas Pangan Polda Jatim Batasi Lalu Lintas Hewan Ternak 
Gubernur Khofifah saat melihat peternakan sapi di Gresik, Minggu (8/5/2022). (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Tim Satgas Pangan Polda Jawa Timur (Jatim) membatasi lalu lintas hewan terak dari dan menuju daerah wabah. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan Penyakit Mulut da Kuku (PMK) yang tengah menyebar di empat daerah di Jatim. 

Berdasarkan data Dinas Peternakan Jatim, penyakit menular pada hewan tersebut telah menyerang 1.247 ekor sapi di empat wilayah, yakni Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo dan Mojokerto. Karenanya upaya proteksi terus dilakukan agar wabah tersebut tidak menyebar ke daerah lain. 

"Kami memastikan ketersediaan obat-obatan dalam rangka melanjutkan pengobatan simtomatis pada hewan ternak yang terkena wabah PMK. Kami juga melakukan pembatasan lalu lintas pada hewan ternak dari dan menuju daerah wabah serta melakukan vaksinasi pada hewan ternak yang sehat," kata Ketua Satgas Pangan Jatim, Kombes Pol Farman, Selasa (10/5/2022). 

Dia menambahkan, sejak Jumat (6/5/2022), Tim Satgas Pangan Polda Jatim secara proaktif sudah mengambil langkah-langkah. Antara lain berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Jatim, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), Bea dan Cukai, Balai Karantina dan Pusat Veteranian Farma (Pusvetma). 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: