Cegah Penularan Covid-19 di Pasar, 1.500 APD Dibagikan Gratis ke Pedagang dan Pembeli

Yudha Prawira ยท Senin, 29 Juni 2020 - 10:59 WIB
Cegah Penularan Covid-19 di Pasar, 1.500 APD Dibagikan Gratis ke Pedagang dan Pembeli
Petugas tengah membantu pedagang di PasarSukolilo Surabaya memakai faces shield. (Foto: iNews/Yudha Prawira)

SURABAYA, iNews.id - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kelurahan Sukolilo Surabaya, Jawa Timur (Jatim) bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) membagikan 1.500 alat pelindung diri (APD). Masker, face shield dan sarung tangan karet yang masing-masing berjumlah 500 ini diberikan kepada para pedagang dan pembeli di Pasar tradisional Keputih, Minggu (28/6/2020).

Blusukan ini melibatkan petugas gugus tugas kelurahan, ikatan alumni ITS Surabaya yang tergabung dalam Yayasan Manarul Ilmi (YMI) dan dibantu lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (LPMK) Keputih Sukolilo.

Kedatangan rombongan ini mengejutkan pedagang dan pembeli dalam pasar. Pasalnya, di dalam pasar, mereka kedapatan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Ketua YMI ITS, Triyanto mengatakan, salah satu sumber penyebaran Covid-19 adalah pasar tradisional. Kebetulan pasar ini belum masuk kategori pasar tangguh.

"Masih banyak pedagang dan pembeli belum menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Sementara, Ketua LPMK Keputih, Indi Nuroani mengatakan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat terutama di sekitar pasar. Di lokasi ini mudah sekali terjdi penyebaran Covid-19.

"Dengan ini kami mengedukasi masyarakat untuk tetap jaga jarak, memakai masker dan memakai alat pelindung diri," katanya.

Selain membagikan APD, petugas juga terus mengimbau masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan. Tujuannya agar dapat memutus rantai penularan Covid-19.


Editor : Umaya Khusniah