Cegah Klaster PTM, Sekolah di Surabaya Wajib Gelar Tes Swab Rutin untuk Siswa 

Aan Haryono · Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:21:00 WIB
Cegah Klaster PTM, Sekolah di Surabaya Wajib Gelar Tes Swab Rutin untuk Siswa 
Para siswa menjalani tes swab rutin agar PTM berlangsung aman dan bebas Covid-19. (Foto: ilustrasi).

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Kota Surabaya mewajibkan sekolah melakukan tes swab rutin untuk para siswa. Upaya ini dilakukan untuk mencegah munculnya klaster Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Surabaya. Selain itu sekolah juga harus menyiapkan QR code PeduliLindungi.  

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menuturkan, tes swab rutin kepada para pelajar menyasar para pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA/SMK di Kota Surabaya.

"Kami akan melakukan tes swab secara rutin untuk para pelajar SD, SMP, SMA/SMK di Kota Surabaya. Untuk pelaksanaannya minimal dua minggu hingga satu bulan sekali," kata Feny panggilan akrabnya, Minggu (17/10/2021).

Dia melanjutkan, pihaknya akan mengerahkan seluruh layanan fasilitas kesehatan di tingkat Puskesmas yang berada di dalam satu kawasan dengan sekolah tersebut. Hal ini dilakukan oleh Dinkes untuk mempermudah dan mempercepat tracing di lingkungan sekolah.

"Untuk layanan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan (Nakes) kami ambil dari Puskesmas yang terdekat dengan sekolah tersebut," tuturnya. 

Sedangkan untuk kapasitas siswa di setiap kelas, Feny mengatakan, maksimal hanya 25 persen siswa pada setiap sesi selama penerapan PPKM Level 3 berlangsung di Kota Surabaya. Harapannya, pelajar maupun tenaga pendidik bisa menekan penularan Covid-19 di lingkungan sekolah dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: