Cegah Banjir, Pemprov Jatim Keruk Sedimentasi 3 Sungai di Jember 

Lukman Hakim · Rabu, 03 Maret 2021 - 18:04:00 WIB
Cegah Banjir, Pemprov Jatim Keruk Sedimentasi 3 Sungai di Jember 
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (istimewa).

SURABAYA, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) akan mengeruk sedimen lumpur di tiga sungai di Kabupaten Jember. Upaya ini dilakukan karena ketiga sungai tersebut kerap menyebabkan banjir di wilayah Jember. 

Ketiga sungai itu yakni Sungai Kalijompo yang melewati Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Patrang dan Kecamatan Sukorambi. Lalu, Sungai Dinoyo yang melewati Kecamatan Rambipuji dan Sungai Petung yang melewati Kecamatan Bangsalsari.

"Saya meminta untuk dilakukan pengerukan secara berkala terhadap seluruh sungai. Pak Bupati membutuhkan bantuan berupa ekskavator dan segera akan kami kirimkan. Nanti saya minta tim PU SDA Jember bisa berkoordinasi dengan tim dari PU SDA Jatim," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Rabu (3/3/2021).

Khofifah mengatakan, selain pengerukan terhadap sedimentasi sungai, plengsengan di tepi sungai harus juga dicek. Untuk itu, seluruh dinas terkait harus saling berkoordinasi mencegah sekaligus mengantisipasi jika terdapat curah hujan yang cukup tinggi agar tidak terjadi banjir atau bencana lainnya. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Halaman : 1 2