Bupati Gresik Sambari Halim Usir Petugas Dishub karena Telat Atur Lalin

Ashadi Iksan, Sindonews ยท Selasa, 11 Agustus 2020 - 20:45 WIB
Bupati Gresik Sambari Halim Usir Petugas Dishub karena Telat Atur Lalin
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto turun tangan mengatur arus lalu lintas di kompleks Pemkab Gresik. (Foto: SINDOnews/Ashadi Ikhsan)

GRESIK, iNews.idBupati Gresik Sambari Halim Radianto mengusir petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik yang biasa mengatur lalu lintas kantor pemkab, Selasa (11/8/2020). Pemicunya, mereka datang terlambat, padahal kondisi Jalan Wahidin Sudirohusodo macet.

Pantauan di lokasi, banyak kendaraan aparatur sipil Negara (ASN) yang hendak masuk kantor. Bupati Gresik Sambari yang berada di gerbang pintu masuk kantor bergegas ke titik kemacetan.

Orang nomor satu di Gresik itu langsung turun tangan mengatur arus lalu lintas. Dia juga mengajak sejumlah anggota Satpol PP yang biasanya menjaga pos pintu gerbang.

Tidak berselang lama sejumlah petugas Dishub datang ke lokasi. Tapi, mereka langsung diusir bupati. Sambari menegur Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Gresik, Nanang Setiawan agar anak buahnya diberikan sanksi.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Gresik, Reza Pahlevi mengatakan, harusnya setiap saat harus ada petugas Dishub yang mengatur lalu lintas.

Terutama saat pagi ketika ASN masuk kantor dan sore hari ketika ASN pulang kerja. Mengingat saat itu volume kendaraan keluar masuk cukup tinggi.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait. Jangan sampai kejadian serupa terulang kembali," ujar Reza, Selasa (11/8/2020).

Kepala Dishub Gresik Nanang Setiawan mengatakan, sejatinya petugas sudah datang ke lokasi depan Kantor Pemkab Gresik. Namun, mereka terlalu pagi. Datang pukul 06.00 WIB dan pukul 07.00 WIB sudah kembali.

"Pukul 06.40 saya sempat mengecek ke lokasi, mereka masih ada," ujar Nanang. 

Dia mengaku sudah pernah mengingatkan untuk lebih cekatan dalam menjalankan tugas. Terutama kasi yang membidangi.

"Sudah saya tegur agar kejadian ini tidak terulang lagi. Saya juga perintahkan anggota di lapangan bertugas sampai pukul 08.00 WIB," kata Nanang.


Editor : Kastolani Marzuki