Mantan Bupati Gresik 2 Periode KH Robbach Ma’sum Meninggal, Dimakamkan di TPU Dukun

Ashadi Iksan · Selasa, 22 September 2020 - 11:20 WIB
Mantan Bupati Gresik 2 Periode KH Robbach Ma’sum Meninggal, Dimakamkan di TPU Dukun
KH Robbach Ma’sum saat muda. (Foto: SINDOnews/Ashadi Iksan)

GRESIK, iNews.id - Bupati Gresik, Jawa Timur (Jatim) dua periode, KH Robbach Ma’sum meninggal dunia, Selasa (22/9/2020). Almarhum rencananya akan dimakamkan di TPU Dukun, Gresik Selasa sore.

Keponakan almarhum, Gus Chalif Ahnaf menuturkan, KH Robbach Ma’sum meninggal setelah berwudhu menjelang Subuh. Dokter yang biasanya datang ke rumah untuk pemeriksaan rutin menyatakan almarhum telah meninggal dunia.

“Saat diperiksa itu ternyata sudah meninggal,” katanya di kediamannya, Perumahan Gresik Kota Baru, Jalan Kalimantan, Gresik.

Rencananya, jenazah KH Robbach Ma’sum dibawa ke Pondok Pesantren Ihya Ulum Dukun, Gresik. Jenazah akan diberangkatkan usai salat Duhur.

Kakak almarhum, KH Machfud Ma’sum mengatakan, almarhum akan disalatkan di Masjid Dukuh Anyar Dukun.

Sebagai informasi, KH Robbach Ma’sum merupakan tokoh NU Gresik. Dia merupakan putra ketiga dari tujuh saudara pendiri pesantren Ihya Ulum, KH Ma’sum.

Almarhum sempat menjabat ketua di organisasi NU maupun banomnya. Dia juga menjadi Bupati Gresik pascareformasi 1998. Setelahnya, dia kembali terpilih melalui pilihan legislatif periode 2000-2005, berpasangan dengan Sambari Halim Radianto.

Saat pemilihan langsung pertama, periode 2005-2010, alrmarhum terpilih kembali. Saat itu, dia berpasangan dengan Sastro Soewito.

Almarhum meninggalkan seorang istri, Dra Hj Sakinah Ma’sum dan hingga saat ini belum dikaruniai putra.


Editor : Umaya Khusniah