Bukan Asli Pacitan, Penangkap Lumba-Lumba Moncong Diduga Nelayan Pendatang

Antara ยท Minggu, 09 Januari 2022 - 18:57:00 WIB
Bukan Asli Pacitan, Penangkap Lumba-Lumba Moncong Diduga Nelayan Pendatang
Tangkapan Layar Video Viral Lumba-Lumba Ditangkap di Perairan Pacitan (Istimewa)

PACITAN, iNews.id - Pelaku penangkapan ikan lumba-lumba moncong di Pacitan, Jawa Timur (Jatim) diduga nelayan pendatang atau andon. Hal ini diketahui dari penelusuran yang dilakukan anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI).

"Kami dapat informasi dari anggota di lapangan, ternyata nakhoda dan pemilik kapal itu bukan nelayan asli Pacitan. Melainkan (nelayan) andon dari Trenggalek," kata Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Pacitan Damhudi, Minggu (9/1/2022).

Dahmudi menambahkan, hal ini diketahui setelah pihaknya menelusuri informasi jaringan pengurus dan anggota yang beraktivitas di sekitar Pelabuhan Perikanan Pantai Tamperan.

Dirinya prihatin dan menyayangkan dengan kejadian tersebut. Namun Damhudi juga tidak yakin bahwa kasus tersebut murni kesengajaan.

"Bisa jadi memang lumba-lumba itu tertangkap jaring nelayan, ikut terbawa ke atas geladak," katanya.

Damhudi mengakui kasus kematian lumba-lumba akibat terperangkap jaring relatif jarang terjadi. Kalaupun ada yang tersangkut dan bisa diselamatkan, nelayan biasanya akan melepasnya.

"Keberadaan lumba-lumba sendiri selama ini justru menjadi pertanda baik bagi para nelayan di Pacitan," katanya.

Pasalnya, kemunculan lumba-lumba biasanya akan diikuti dengan keberadaan ikan-ikan kecil yang menjadi yang menjadi buruan atau mangsanya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: